Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA ANAK DIDIK KELOMPOK B (USIA 5 – 6 TAHUN) DI TK PGRI DUREN DESA DUREN KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan kreativitas pada Anak
Kelompok B TK PGRI Duren Kecamatan Tengaran masih rendah atau mengalami
kelemahan, Dalam peningkatan kemampuan kreativitas tersebut, peneliti sebagai
observer bekerjasama dengan guru kelas lain sebagai kolabolator melakukan
tindakan dengan menerapkan metode bercerita melalui buku cerita bergambar.
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) peningkatan
kemampuan kreativitas melalui cerita bergambar;dan 2) menganalisis efektifitas
penerapan metode bercerita melalui cerita bergambar oleh guru dalam
peningkatan kemampuan kreativitas pada peserta didik kelompok B TK PGRI
Duren Desa Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus,
setiap siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di TK PGRI
Duren Kecamatan Tengaran yang berjumlah 18 anak, melalui pengambilan data:
dokumentasi, observasi, dan demonstrasi, sedangkan analisis data digunakan
analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: 1) kemampuan kreativitas pada
anak didik kelompok B usia 5-6 tahun di TK PGRI Duren pada awalnya atau pra
siklus diperoleh skor 72,12% dengan kriteria belum berkembang, namun setelah
dilakukan tindakan hingga sampai pada siklus II diperoleh skor rata-rata terbesar
90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik; dan 2) penerapan metode
bercerita melalui media buku cerita bergambar efektif dapat meningkatkan
kemampuan kreativitas pada anak didik kelompok B usia 5-6 tahun di TK PGRI
Duren setelah dilakukan tindakan hingga pada siklus II yang memberikan hasil
skor rata-rata sebesar 16,25 atau 90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik,
sedangkan indikator keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan skor anak
secara individu dan 85% secara klasikal, maka dapat dibuat persamaan: 75% <
90,27% > 85%, sehingga hipotesis tindakan: “Melalui cerita bergambar dapat
meningkatkan kemampuan kreativitas bagi anak didik Kelompok B usia 5-6 tahun
di TK PGRI Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten semarang” dinyatakan
terbukti atau diterima.
Kata kunci: Kreativitas, cerita bergambar.
175/PAUD/PUS/I/2023 | 175/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain