Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA MELALUI PERMAINAN BENDERA WARNA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB ANGGREK TOLOKAN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan kognitif dalam mengenal
warna pada anak kelompok A KB Anggrek Desa Tolokan masih tergolong rendah,
peneliti sebagai observer bekerjasama dengan guru kelas lain sebagai kolabolator
melakukan tindakan kelas dengan melakukan permainan bendera warna. Tujuan
penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan
kognitif anak dalam mengenal warna anak usia 3-4 tahun di KB Anggrek.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 3 (tiga) kali pertemuan dengan
tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian adalah anak kelompok A usia 3-4 tahun di KB Anggrek Desa Tolokan
yang berjumlah 14 anak. Pengambilan data penelitian menggunakan dokumentasi,
observasi, dan penilaian, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata dalam mengenal warna pada
anak usia 3-4 tahun dalam kategori “ Sangat Baik” pada siklus 2 sebesar 75,88%.
Adapun indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu sama dengan atau lebih
dari 75%. Hasil penelitian meningkat secara bertahap hal ini dapat dilihat dari hasil
observasi pada prasiklus, siklus I dan siklus II rata-rata perolehan presentase pada
prasiklus yaitu 46,42% meningkat disiklus I dengan presentase sebesar 61,31% dan
meningkat mencapai 75,88% pada siklus II. 11 dari 14 anak kelompok A KB
Anggrek Desa Tolokan mempunyai kemampuan mengenal warna dalam kategori “
Sangat Baik”.
Kata kunci: Kognitif, Mengenal Warna, Permainan Bendera Warna
176/PAUD/PUS/I/2023 | 176/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain