Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE DENGAN BAHAN ALAM PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN ANGGREK DESA TOLOKAN KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan motorik halus pada
Anak Kelompok B KB Anggrek Desa Tolokan masih rendah atau kurang,
karena dari 14 anak yang memperoleh nilai ketuntasan (BSH) adalah 2 anak.
peneliti sebagai observer bekerjasama dengan guru kelas lain sebagai
kolabolator melakukan tindakan kelas dengan menerapkan kegiatan meronce
berbahan alam.
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan
kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di KB Anggrek.
Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus,
setiap siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B
usia 4-5 tahun di KB Anggrek Desa Tolokan yang berjumlah 14 anak.
Pengambilan data penelitian menggunakan dokumentasi dan observasi
sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil
penelitian diperoleh skor siswa yang mempunyai ketrampilan motorik halus
dalam kategori “ Sangat Baik” pada siklus II sebesar 75,35 %. Adapun
indikator keberhasilan yang telah ditentukan yaitu 75 %. Hasil penelitian
meningkat secara bertahap hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada
prasiklus, siklus I dan siklus II rata-rata perolehan presentase pada prasiklus
yaitu 46,07%meningkat disiklus I dengan presentase sebesar 58,38% dan
meningkat mencapai 75,35% pada siklus II. 11 dari 14 anak kelompok B KB
Anggrek Desa Tolokan mempunyai ketrampilan motorik halus dalam kategori “
Sangat Baik”.
Maka kesimpulan dari penelitian ini “Melalui Kegiatan Meronce
Berbahan Alam Dapat Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak
Usia 4-5 Tahun di KB Anggrek Desa Tolokan Kecamatan Getasan Kabupaten
Semarang pada semester genap tahun ajaran 2022/2023.
Kata kunci: Motorik Halus, Meronce, Bahan Alam,Pendidikan Anak Usia
Dini
174/PAUD/PUS/I/2023 | 174/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain