Text
SKRIPSI : UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR DENGAN METODE ICE BREAKING ANAK USIA 5-6 TAHUN DI BA 'AISYIYAH BUMIREJO I KECAMATAN MUNGKID KABUPATEN MAGELANG
Beraneka ragamnya kegiatan pembelajaran, proses pembelajaran yang disampaikan
guru dan kondisi peserta didik dalam proses pembelajaran, menimbulkan beragam
pula respon an reaksi peserta didik. Daya konsentrasi yang singkat, mudahnya jenuh
dan bosan yang terjadi peserta didik usia 5-6 tahun, berakibat pada pentingnya
pengelolaan kelas yang menyenangkan sehingga meningkatkan minat belajar
peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta
didik dengan menggunakan metode ice breaking seperti tepuk, gerak lagu, games,
reward dan yel - yel peserta didik kelompok B2 BA ‘Aisyiyah Bumirejo I
Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Selain itu, hal yang ingin dicapai oleh
penulis adalah dapat memotivasi anak untuk dalam melakukan kegiatan secara
mandiri dan percaya diri. Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) dengan menggunakan 2 siklus, yang terdiri dari 4 langkah yaitu ; (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, (4) refleksi. Dan hasil
penelitian menunjukkan bahwa melalui metode ice breaking ini, peningkatan minat
belajar dan konsentrasi anak dalam menerima pelajaran dikelas meningkat. Dengan
perolehan nilai ketuntasan pada 14 anak kelompok B2 adalah 8 anak perempuan
dan 6 anak laki-laki. Ice breaking dengan tujuan untuk mengurangi ketegangan,
kejenuhan dan kebosanan peserta didik akibat dari berkurangnya minat dan
konsentrasi dapat membantu mengembalikan semangat dan minat belajar terbukti
dengan melihat persentase jumlah peserta didik yang kembali semangat dan ceria
mengikuti pembelajaran setelah diberlakukan ice breaking pada hasil Pra Siklus
33%, pada Siklus I55%, dan pada Siklus II semakin meningkat menjadi 87%
dengan mencapai kriteria keberhasilan 85%.
Kata kunci : minat belajar, Ice Breaking
113/PAUD/PUS/I/2023 | 113/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain