Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK MENGENAL KONSEP ANGKA 1-10 MELALUI METODE BERMAIN PITLAMTOL PADA ANAK KELOMPOK A TK BUDI UTOMO DESA SANGGRAHAN KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk
mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir simbolik
mengenal konsep angka 1-10 melalui metode bermain pitlamtol pada anak
kelompok A TK Budi Utomo Desa Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten
Sukoharjo. 2) Untuk membuktikan apakah kemampuan berpikir simbolik
mengenal konsep angka 1-10 dapat ditingkatkan melalui metode bermain
pitlamtol pada anak kelompok A TK Budi Utomo Desa Sanggrahan Kecamatan
Grogol Kabupaten Sukoharjo. 3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan
perubahan perilaku pada anak kelompok A TK Budi Utomo Desa Sanggrahan
Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo saat peningkatan kemampuan berpikir
simbolik mengenal konsep angka 1-10 melalui metode bermain pitlamtol.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK).
Penelitian tindakan yang peneliti lakukan ini mengambil lokasi di TK Budi
Utomo Desa Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Subyek dalam
penelitian ini anak adalah anak-anak kelompok A TK Budi Utomo Desa
Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 17 anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pada Pra Siklus prosentase
keberhasilan sebesar 29%, pada Siklus I prosentase keberhasilan sebesar 65%,
pada Siklus II prosentase keberhasilan sebesar 88%. Sehingga dapat disimpulan
terdapat kenaikan kemampuan berpikir simbolik mengenal konsep angka 1-10
melalui metode bermain pitlamtol pada anak kelompok A TK Budi Utomo Desa
Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. 2) Pada Pra Siklus
keaktifan anak sebesar 35%, pada Siklus I keaktifan anak sebesar 59%, pada
Siklus II keaktifan anak sebesar 88%. Sehingga dapat disimpulan terdapat
kenaikan keaktifan anak dalam belajar berpikir simbolik mengenal konsep angka
1-10 melalui metode bermain pitlamtol pada anak kelompok A TK Budi Utomo
Desa Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. 3) Pada Pra Siklus
kinerja Guru sebesar 60%, pada Siklus I kinerja Guru sebesar 70%, pada Siklus II
kinerja Guru sebesar 86%. Sehingga dapat disimpulan terdapat kenaikan kinerja
Guru dalam mengajar berpikir simbolik mengenal konsep angka 1-10 melalui
metode bermain pitlamtol pada anak kelompok A TK Budi Utomo Desa
Sanggrahan Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.
Kata Kunci: berpikir simbolik, angka 1-10, pitlamtol.
111/PAUD/PUS/I/2023 | 111/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain