Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI TARIAN ALAM PADA ANAK KELOMPOK B DI TK PERTIWI UNDAAN KIDUL UNDAAN KUDUS TAHUN AJARAN 2022/2023
YATNI HARDIYANTI NPM. 2620220781. “Upaya Meningkatkan
Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Tarian Alam Pada Anak
Kelompok B Di Tk Pertiwi Undaan Kidul Undaan Kudus Tahun Ajaran
2022/2023”. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan Universitas Ivet Semarang 2022.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya meningkatkan
kemampuan motorik kasar anak melalui tarian alam pada anak kelompok B Di TK
Pertiwi Undaan Kidul Undaan Kudus Tahun Ajaran 2022/2023.
Tarian sangat cocok untuk anak usia dini, karena bermanfaat melatih
koordinasi tangan, kaki, mata, telingga, keseimbangan anak, kelunturan otot
tangan dan kaki, daya imajinasi anak, menjaga kesehatan anak dan menjaga
kebugaran anak, serta mengoptimalkan masa pertumbuhan anak. Dengan
kegiatan menari tersebut diharapkan dapat mengembangkan keterampilan motorik
kasar pada anak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana upaya
peningkatan kemampuan motorik kasar melalui tarian alam pada anak; 2) Apakah
kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan secara efektif melalui tarian
alam; 3) Apakah terdapat perubahan perilaku anak saat mengembangkan
kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan tarian alam pada anak di TK
Pertiwi Undaan Kidul Undaan Kudus Tahun Ajaran 2022/2023
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan Kelompok action research,
secara sederhana action research dapat diartikan sebagai kegiatan penelitian untuk
mendapatkan kebenaran dan manfaat praktis, dengan cara melakukan tindakan
secara kolaboratif dan partisipasif peneliti yang dilaksanakan dalam 2 siklus
metode yang digunakan adalah eksperimen, subjek penelitian ini adalah
Kelompok kelompok B TK Pertiwi Undaan Kidul yang berjumlah 10 orang
peserta didik. Pengambilan data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan
atau observasi, dokumentasi dan tes untuk melengkapi data yang ingin diungkap.
Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu
dalam mengungkap data. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup :
(1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pada pra siklus diperoleh kemampuan
motorik kasar peserta didik mendapatkan nilai sebesar 44%, pada siklus I nilai
rata – rata sebesar 54% dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 77%.
Penelitian tersebut terbukti meningkatan kemampuan motorik kasar Anak; 2)
Kemampuan motorik kasar terbukti meningkat secara efektif terbukti pada pra
siklus diperoleh sebesar 44% dan pada siklus 2 diperoleh sebesar 77%
menunjukkan terdapat peningkatan secara efektif sebesar 33%; 3) Perubahan
perilaku anak saat peningkatan kemampuan motorik kasar melalui tarian alam
terlihat pada keaktifan anak siklus I diperoleh rata – rata sebesar 63% meningkat
menjadi 81% pada siklus II. Didukung kinerja guru pada siklus I nilai rata – rata
sebesar 52% dengan kategori penilaian baik, pada siklus II dengan kategori sangat
baik yaitu sebesar 58%.
Kata – kata kunci : Motorik kasar, tarian alam
118/PAUD/PUS/I/2023 | 118/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain