Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN PRA MEMBACA MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI SAMBUNG UNDAAN KUDUS TAHUN 2022/2023
NUR DIANA NPM. 2620220779. “Peningkatan Kemampuan Pra
Membaca Melalui Permainan Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok A Di
TK Pertiwi Sambung Undaan Kudus Tahun 2022/2023”. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Kependidikan Universitas Ivet Semarang 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pra membaca melalui permainan
kartu bergambar pada anak kelompok A di TK Pertiwi Sambung Undaan Kudus
Tahun 2022/2023.
Melihat kegunaan dan keuntungan yang dimiliki dari sebuah permainan
dan media kartu bergambar pada kegiatan pembelajaran, maka kartu bergambar
salah satu media yang tepat untuk meningkatkan kemampuan membaca
permulaan terhadap anak kelompok A di TK Pertiwi Sambung Undaan Kudus
Tahun 2022/2023 menjadi latar belakang dari penelitian ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana peningkatan
kemampuan pra membaca permulaan melalui permainan kartu bergambar anak; 2)
Adakah peningkatan kemampuan pra membaca permulaan dengan penerapan
permainan kartu bergambar anak; 3) Adakah perubahan perilaku peningkatan
kemampuan pra membaca permulaan dengan penerapan permainan kartu
bergambar anak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau (Classroom Action
Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus metode yang digunakan adalah
eksperimen, subjek penelitian ini adalah Kelompok A di TK Pertiwi Sambung
Undaan Kudus yang berjumlah 20 orang peserta didik. Pengambilan data yang
dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, dokumentasi dan tes
untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga
menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data.
Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan,
(3) Observasi, dan (4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan : 1) Peningkatan kemampuan pra membaca
permulaan melalui permainan kartu bergambar pada pra siklus diperoleh skor
sebesar 47%, pada siklus 1 diperoleh skor 62%. Pada siklus II diperoleh skor
sebesar 81% yang menunjukkan adanya peningkatan; 2) Pada pra siklus diperoleh
kemampuan pra membaca sebesar 47% pada siklus II menjadi 81%, sehingga
didapatkan peningkatan sebesar 34% dengan demikian permainan kartu
bergambar dapat meningkatkan kemampuan pra membaca secara efektif; 3)
Keaktifan anak pada pra siklus diperoleh skor rata-rata sebesar 51,6% pada siklus
II menjadi 81% sehingga terdapat peningkatan sebesar 29,4%. Sedangkan
penilaian kinerja guru pada pra siklus diperoleh skor sebesar 45 pada siklus I
diperoleh skor sebesar 50, siklus II menjadi 54 sehingga terdapat peningkatan
sebesar 9.
Kata – kata kunci : Pra membaca, Permainan Kartu Bergambar
119/PAUD/PUS/I/2023 | 119/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain