Text
SKRIPSI : PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA PECANGAAN KECAMATAN BATANGAN KABUPATEN PATI
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan
kerjasama anak melalui metode pembelajaran proyek.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan model Suharsimi Arikunto. Penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan dua siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitiannya anak
PAUD TK Dharma Wanita Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati
sebanyak 15 anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek
penelitian adalah kemampuan kerjasama anak. Adapun data yang diperoleh
merupakan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melalui empat
tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap
pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain balok
dapat meningkatkan kemampuan kerjasama pada anak TK Dharma Wanita Desa
Pecangaan Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Hal ini terbukti sebelum
kegiatan pembangunan balok, kemampuan kerjasama pada anak rata-rata
ketuntasan belajarnya hanya sebesar 13,33% dan setelah kegiatan pembangunan
balok kemampuan kerjasama pada anak rata-rata ketuntasannya pada siklus I
pertemuan 1 mencapai 20%, sedangkan pada siklus I pertemuan 2 mencapai
33,33% dan siklus I pertemuan 3 mencapai 46,67%. Pada siklus II pertemuan 1
meningkat menjadi 53,33%, sedangkan siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi
66,67% dan siklus II pertemuan 3 meningkat sebesar 80%. Selain hasil belajar
anak, kinerja guru pun mengalami kenaikan, hal ini terbukti pada siklus I, kinerja
guru memperoleh rata-rata sebesar 70% dan pada siklus II memperoleh rata-rata
sebesar 90%.
Saran-saran yang peneliti tujukan kepada pihak yang terkait seperti guru,
Guru diharapkan lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran dan menggunakan
teknik yang berinovatif.
Kata Kunci : Pembelajaran Proyek, Kerjasama
159/PAUD/PUS/I/2023 | 159/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain