Text
SKRIPSI : PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA 4-5 TAHUN PADA KELOMPOK A DI TK PGRI 04 JATIROTO KECAMATAN KAYEN KABUPATEN PATI
Salah satu aspek kognitif yang harus dikembangkan pada anak usia dini
adalah kemampuan logika matematika yang diantaranya memuat tentang
kemampuan mengenal bilangan yang diawali dengan kegiatan membilang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berhitung anak
dapat ditingkatkan melalui permainan puzzle pada anak usia 4-5 tahun pada
kelompok A TK PGRI 04 Jatiroto Kecamatan Kayen Kabupaten Pati, untuk
mengetahui proses peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan
puzzle pada anak usia 4-5 tahun pada kelompok A TK PGRI 04 Jatiroto Kecamatan
Kayen Kabupaten Pati dan untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan
berhitung anak melalui permainan puzzle pada anak usia 4-5 tahun pada kelompok
A TK PGRI 04 Jatiroto Kecamatan Kayen Kabupaten Pati.
Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, setiap
siklus terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian
ini adalah anak usia 4-5 Kelompok A di TK PGRI 04 Jatiroto Kecamatan Kayen
Kabupaten Pati yang berjumlah 15 siswa. Sumber datanya dari daftar nama anak
Kelompok A di TK PGRI 04 Jatiroto Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun
Pelajaran 2022 / 2023. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi,
percakapan, dokumentasi dan trianggulasi data. Analisis datanya secara deskriptif.
Hasil penelitian : hasil belajar siswa dalam menggunakan media puzzle juga
meningkat, pada Siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 33% meningkat menjadi
67%. Sedangkan pada Siklus II ketuntasan suswa yaitu 73% meningkat menjadi
86,7%.
Kesimpulan : dengan menggunakan kegiatan media puzzle aktivitas siswa
meningkat, prosentase aktivitas siswa dengan nilai BSB pada Siklus I sebesar 37%
meningkat menjadi 67% dan nilai BSH sbesar 54% meningkat menjadi 27%. Pada
Siklus II siswa yang mendapatkan nilai MB yaitu 6,7% meningkat menjadi 0%.
Kata kunci : Kemampuan, Berhitung, Permainan Puzzle
157/PAUD/PUS/I/2023 | 157/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain