Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN PRACTICAL LIFE PADA KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA TANJUNGREJO DESA TANJUNGREJO KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI
Perkembangan kemandirian anak TK Dharma Wanita Tanjungrejo tergolong
masih rendah dengan menunjukkan bahwa anak yang Berkembang Sangat Baik
(BSB) sejumlah 2 anak, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 3 anak, Mulai
Berkembang (MB) 4 anak dan Belum Berkembang (BB) 6 anak dengan total
persentase 13,3%. Penelitian ini bertujuan untuk (1)Untuk mengetahui dan
mendeskripsikan tingkat kemandirian anak kelompok A di TK Dharma Wanita
Tanjungrejo Desa Tanjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. (2) Untuk
mengetahui dan membuktikan pelaksanaan metode practical life mampu
meningkatkan tingkat kemandirian anak kelompok A di TK Dharma Wanita
Tanjungrejo Desa Tanjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini
adalah anak TK Dharma Wanita Tanjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten
Pati semester II Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik 15 anak.
Data yang diambil pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi,
penugasan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode practical life dapat
meningkatkan kemandirian anak di TK Dharma Wanita Tanjungrejo. Hal ini
didasarkan pada hasil observasi terhadap kegitatan pembelajaran pada siklus I
rata-rata sebesar 53,33% dengan hasil aktivitas guru sebesar 71%, dan pada siklus
II rata-rata sebesar 86,67% dengan hasil aktivitas guru sebesar 82%. Peningkatan
tersebut sangat signifikan dikarenakan jenis kegiatan yang variatif sehingga
stimulasi yang diberikan kepada anak bisa berkembang sangat baik.
Kata Kunci : kemandirian, practical life
152/PAUD/PUS/I/2023 | 152/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain