Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA TENTANG ALAM LINGKUNGAN DI KELOMPOK B TK PGRI 02 PRAWOTO SUKOLILO PATI
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode bercerita
tentang alam lingkungan dapat meningkatkan kemandirian anak di TK PGRI 02
Prawoto Sukolilo Pati.
Jenis penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan selama 2 siklus dengan prosedur umum melalui tahapan 1)
Planning yaitu merencanakan tindakan, 2) acting yaitu melakukan tindakan. 3)
obeservasi yaitu melakukan analisis kekuatan dan kelemahan pembelajaran 4)
Refleksi yaitu umpan balik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: melalui metode bercerita tentang
alam lingkungan dapat meningkatkan kemandirian anak di Taman Kanak- Kanak
PGRI 02 Prawoto Sukolilo Pati secara signifikan yaitu pada pada pra siklus
sebesar 20 %, pada Siklus I sebesar 50 % dan pada siklus ke 2 meningkat menjadi
80 % kriteria sangat baik. Selain hasil ketuntasan belajar anak, kinerja guru pun
mengalami peningkatan, hal ini terbukti pada siklus I 37,5 % dan pada siklus 2
meningkat menjadi 87,5 %. Hal ini menunjukkan bahwa anak usia dini tingkat
kemandiriannya dapat meningkat dengan metode pembelajaran bercerita tentang
alam lingkungannya, anak berupaya untuk berani mencoba atau melakukan
sendiri pekerjaannya tanpa bantuan orang lain. Anak dapat juga melaksanakan
tugas secara mandiri sampai selesai dan bertanggung jawab terhadap tugas yang
diberikan kepadanya.
Kata kunci : Kemandirian, Bercerita, Alam Lingkungan.
153/PAUD/PUS/I/2023 | 153/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain