Text
SKRIPSI : PENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI AWAL MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELOMPOK A DI TK PERTIWI KERTOMULYO KECAMATAN TRANGKIL KABUPATEN PATI
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan
kemampuan Literasi awal pada Kelompok A di TK Pertiwi Kertomulyo
Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati setelah melalui kegiatan bermain
dengan media kartu huruf.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan menggunakan model Suhardjono Arikunto dan Supardi. Penelitian
ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus terdiri dari tiga
pertemuan. Subjek penelitiannya anak TK Pertiwi Kertomulyo Kecamatan
Trangkil Kabupaten Pati sebanyak 15 anak yang terdiri dari 4 anak lakilaki dan 11 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan literasi.
Adapun data yang diperoleh merupakan hasil wawancara, observasi, dan
dokumentasi dengan melalui empat tahap yang dilakukan dalam penelitian
ini yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap
pengamatan, (4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain
dengan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan literasi pada
anak TK Pertiwi Kertomulyo Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati. Hal ini
terbukti sebelum kegiatan bermain dengan media kartu huruf, kemampuan
lierasi pada anak rata-rata ketuntasan belajarnya hanya sebesar 13,3% dan
setelah kegiatan bermain dengan media kartu huruf, kemampuan literasi
pada anak rata-rata ketuntasannya pada siklus I pertemuan 1 mencapai
20%, sedangkan pada siklus I pertemuan 2 mencapai 46,66% dan siklus I
pertemuan 3 mencapai 60%. Pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi
66,66%, sedangkan siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 73,33% dan
siklus II pertemuan 3 meningkat sebesar 93,33%. Selain hasil belajar anak,
kinerja guru pun mengalami kenaikan, hal ini terbukti pada siklus I
pertemuan I mencapai 55%, sedangkan pada siklus I pertemuan 2 mencapai
60%, dan siklus I pertemuan 3 mencapai 67,5%. Pada siklus II pertemuan
I meningkat menjadi 82,5%, sedangkan siklus II pertemuan 2 meningkat
menjadi 85%, dan siklus II pertemuan 3 meningkat menjadi 92,5 %.
Saran-saran yang peneliti tujukan kepada pihak yang terkait seperti
guru,. Guru diharapkan lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran dan
menggunakan teknik yang berinovatif.
Kata Kunci : Literasi, Metode bermain, Kartu huruf
151/PAUD/PUS/I/2023 | 151/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain