Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK MELALUI PERMAINAN WAYANG JERAMI PADA KELOMPOK B DI TK SEKARJATI 1 DESA WONOSEKAR KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Mila Kristiyani. NPM. 2621130300. Peningkatan Kemampuan Bahasa Ekspresif
Anak Melalui Permainan Wayang Jerami Pada Kelompok B di TK Sekarjati 1
Desa Wonosekar Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran
2022/2023. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ivet. Semarang. 2023.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah upaya
meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak melalui permainan wayang
jerami pada kelompok B di TK Sekarjati 1 Desa Wonosekar Kecamatan
Karangawen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Langkah penelitian
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini
adalah anak usia dini dari yang berjumlah 15 anak. Sedangkan Objek penelitian
dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak
melaui permainan wayang jerami. indikator keberhasilan apabila rata-rata kelas
mencapai 80%.
Hasil penelitian 1) pada kondisi awal kemampuan bahasa ekspresif anak
mendapatkan nilai klasikal sebesar 37.2%, pada siklus 1 diperoleh nilai klasikal
sebesar 62.8%, kemudian di siklus 2 di peroleh nilai klasikal sebesar 81,1%. Hal
ini menunjukkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak dapat meningkat
melalui permainan wayang jerami 2) terjadi peningkatan kemampuan bahasa
ekspresif anak sebesar 36,7% dari kondisi awal sampai dengan siklus 2. Hasil
tersebut menunjukkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak dapat ditingkat
melalui permainan wayang jerami.
Kata Kunci: Bahasa Ekspresif, Wayang Jerami.
121/PAUD/PUS/I/2023 | 121/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain