Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI MEDIA BERMAIN TANGRAM DI KELOMPOK B KB TAMAN AN-NUR DESA NARUKAN KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG
Latar belakang penilitian ini adalah diketahui bahwa terdapat kendala
yang dihadapi dalam mengembangkan kreativitas anak dengan menggunakan
bentuk-bentuk geometri, ada beberapa anak yang sudah mengetahui macam-macam
bentuk geometri namun masih ada juga anak yang sulit membedakan nama dan
bentuk geometri, pengenalan geometri dengan mengaplikasikannya ke dalam
kegiatan-kegiatan lain masih sangat kurang. Rumusan masalah pada penilitian ini
adalah bagaimanakah peningkatan kreativitas anak melalui media bermain tangram
di kelompok B KB Taman An-Nur Desa Narukan Kecamatan Kragan Kabupaten
Rembang?
Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kreativitas anak
melalui media bermain Tangram di Kelompok B KB Taman An-Nur Desa Narukan
Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus di mana setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan.
subjek dalam penelitian ini adalah Kelompok B KB Taman An-Nur Desa Narukan
sebanyak 13 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara,
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase.
Hasil penelitian menunjukkan kreativitas anak prasiklus adalah 5 anak
dengan persentase 38 % pada kreteria belum berkembang, 8 anak dengan persentase
62% pada kreteria mulai berkembang, pada Siklus I terdapat 9 anak dengan
persentase 75% pada kreteria Mulai berkembang dan 3 anak dengan persentase 25%
pada kreteria berkembang sesuai harapan, pada siklus II kreativitas anak meningkat
menjadi 1 anak dengan persentase 8% pada kreteria mulai berkembang dan 11 anak
dengan persentase 92% pada kreteria berkembang sesuai harapan. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, kreativitas anak kelompok B di
KB Taman An-Nur Desa Narukan dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain
tangram.
Kata Kunci: Kreativitas, Geometri, Tangram.
122/PAUD/PUS/I/2023 | 122/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain