Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSI ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN SENI TARI KELOMPOK A DI KB FAJAR HARAPAN 1 DESA SUMURPULE KECAMATAN KRAGAN KABUPATEN REMBANG
Berdasarkan hasil observasi di KB Fajar Harapan 1 Kragan Rembang
tahun 2022/2023 pada kelompok A, ternyata kemampuan sosial emosionalnya
perlu untuk dioptimalkan, karena kemampuan sosial emosionalnya masih rendah.
Ketika sedang bermain masih terdapat sebagian anak yang masih tidak sabar
ketika menunggu giliran bermain, belum peduli terhadap teman ketika ada teman
yang sedang menari di depan, dan belum mampu berinteraksi serta berkomunikasi
dengan teman lainnya, hanya diam saja. Dari 14 anak kelompok A ada 5 anak
yang kemampuan sosial emosionalnya sudah berkembang baik dan 9 anak yang
kemampuan sosial emosionalnya belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan kemampuan kemampuan social emosi anak melalui bermain
seni tari di di KB Fajar Harapan 1 Kragan Rembang.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang
dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklusnya berupa Perencanaan,
Pelaksanaan, Hasil pengamatan, dan Refleksi. Penelitin Tindakan kelas ini
dilakukan pada 14 anak dimana7 perempuan dan 7 laki-laki. Pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan dokumentasi, praktek langsung dan demonstrasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain seni tari dapat
meningkatkan kemampuan social emosi anak KB Fajar Harapan 1 Desa
Sumurpule Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang. Hal ini dibuktikan dengan
adanya peningkatan persentase kemampuan sosial emosi. Peningkatan
perkembangan sosial emosional anak mengalami peningkatan pada setiap
siklusnya. Pada siklus pertama terdapat 72% yang mengalami peningkatan
kemampuan sosial emosional melalui kegiatan seni tari dan pada siklus kedua
terdapat 100% anak yang mengalami peningkatan kemampuan sosial emosional
melalui kegiatan tari. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dari siklus I ke
siklus II.
Kata Kunci: Bermain, Seni Tari, Sosial Emosi, Motorik Halus
129/PAUD/PUS/I/2023 | 129/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain