Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN SIMPAI DI KELOMPOK BERMAIN CERDAS CERIA DESA SEREN KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2022-2023

Text

SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN SIMPAI DI KELOMPOK BERMAIN CERDAS CERIA DESA SEREN KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2022-2023

RUMINAH - Nama Orang;

Rumusan masalah “bagaimanakah meningkatkan kemampuan motorik kasar anak
melalui kegiatan bermain simpai di kelompok bermain Cerdas Ceria Desa Seren
Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang?”
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan kemampuan motorik
kasar melalui kegiatan bermain simpai.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan
model Suhardjono Arikunto dan Supardi. Penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan dua siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitiannya anak di
Kelompok Bermain Cerdas Ceria Desa Seren kecamatan Sulang Kabupaten
Rembang sebanyak 15 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 11 anak
perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan motorik kasar. Adapun data
yang diperoleh merupakan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan
melalui empat tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu (1) tahap
perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) Refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan bermain simpai dapat
meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di kelompok bermain cerdas ceria
desa seren kecamatan sulang kabupaten rembang. Hal ini terbukti sebelum
kegiatan bermain dengan media simpai, kemampuan bermain simpai hanya
sebesar 46,87% dan setelah kegiatan bermain dengan media simpai, kemampuan
anak rata-rata ketuntasannya pada siklus I pertemuan 1 mencapai 57,08%,
sedangkan pada siklus I pertemuan 2 mencapai 59,37%. Pada siklus II pertemuan
1 meningkat menjadi 81,25%, sedangkan siklus II pertemuan 2 meningkat
menjadi 89,37%, kinerja guru pun mengalami kenaikan, hal ini terbukti pada
siklus I mencapai 72,2%, sedangkan pada siklus II mencapai 88,8%.
Saran-saran yang peneliti tujukan kepada pihak yang terkait seperti guru,
Guru diharapkan lebih kreatif dalam mengelola pembelajaran dan menggunakan
teknik yang berinovatif.
Kata Kunci : Bermain simpai, motorik kasar


Ketersediaan
127/PAUD/PUS/I/2023127/PAUD/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
127/PG-PAUD/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
RUMINAH
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN BERMAIN SIMPAI DI KELOMPOK BERMAIN CERDAS CERIA DESA SEREN KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG TAHUN 2022-2023
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik