Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MELUKIS DENGAN JARI PADA ANAK KELOMPOK B DI TK EDI PENI 1 GRAWAN REMBANG
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pada
anak usia 4-5 tahun di Tk.Karunia Desa Woro Kecamatan Kragan Kabupaten
Rembang.Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana meningkatkan
kemampuan membaca permulaan anak melalui media kartu kata bergambar pada
anak kelompok A Tk.Karunia Desa Woro Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan
pada anak kelompok A melalui media kartu kata bergambar di Tk.Karunia Desa
Woro Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian
Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelompok A di Tk.Karunia Desa
Woro Kecamatan Kragan Kabupaten Rembang, dengan jumlah 13 anak. Penelitian
ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, dengan masing – masing
tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Persentase ketuntasan kemampuan membaca pada pra siklus memperoleh
hasil 30,7%. Skor tersebut masih dibawah nilai minimal kurang dari 75%. Hasil dari
observasi pada pra siklus kemampuan membaca anak masih menunjukan hasil yang
kurang maksimal.Hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan dibandingkan
dengan pra siklus, siswa yang tuntas dari 4 menjadi 7. Hasil observasi siswa
mendapatkan hasil prosentase 53,8% atau masih dibawah nilai minimum 75%.Pada
siklus II yang mengalami peningkatan hasil belajar siswa, dengan prosentase 84,6%.
Selanjutnya peneliti melakukan tindakan pada siklus I yaitu ada 7 anak yang tuntas
dengan prosentase 53,8%. Tapi masih ada 6 anak yang belum tuntas Setelah
dianalisis diperoleh hasil signifikan yaitu hasil dari siklus I 53,8% Dan adanya
peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan haisl 2 anak yang belum tuntas, 11 anak
yang tuntas dari 13 anak dengan prosentase 84,6%.
Kata Kunci : Membaca, Kartu kata bergambar
124/PAUD/PUS/I/2023 | 124/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain