Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBATIK JUMPUTAN KELOMPOK B TK KARTIKA 2 SUMBER KABUPATEN REMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dengan
menggunakan kegiatan membatik jumputan dapat meningkatkan keterampilan
motorik halus anak pada kelompok B TK Kartika 2 Sumber Rembang. Rumusan
masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan kegiatan membatik
jumputan dalam pengembangkan motorik halus anak pada TK Kartika 2 Sumber
Rembang?
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua
variabel yakni kemampuan motorik halus dan kegiatan membatik jumputan.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yang mencakup
beberapa tahapan yakni tahap perencanaan (planning), tindakan (acting),
observasi (observasing) dan refleksi (reflecting). Subyek yang diteliti dalam
penelitian adalah anak-anak kelompok B di TK Kartika 2 Sumber Rembang
sebanyak 10 anak, yang memiliki kecenderungan kemampuan motorik halus
masih rendah untuk kemudian dilakukan perlakuan kegiatan membatik jumputan
dalam rangka meningkatkan kemampuan motorik halus subjek penelitian tersebut.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian diperoleh hasil pada siklus I
menunjukkan bahwa motorik halus anak melalui kegiatan membatik jumputan
termasuk cukup baik namun belum memenuhi indikator penilaian, hal tersebut
dapat dilihat dari banyak anak yang termasuk kategori baik (BSH) sebanyak 4
anak atau 40%, mulai berkembang sebanyak 3 anak atau 30%, dan yang belum
berkembang sebanyak 3 anak atau 30%. Secara klasikal, hasil penelitian pada
siklus I ini belum mencapai indikator yang telah ditentukan yaitu 80%. Sedangkan
pada siklus II anak yang berhasil dengan berkembang sangat baik sebanyak 9
anak atau 90% yang terdiri dari kategori berkembang sangat baik ada 5 anak atau
50% dan berkembang sesuai harapan sebanyak 4 anak atau 40%, dan kategori
mulai berkembang ada 1 anak atau 10%.
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti
menyarankan kepada guru kelas sebagai ”kunci sentral” pelaksanaan
pembelajaran, sebaiknya memahami dan mampu mengaplikasikan kegiatan
membatik jumputan dalam rangka meningkatkan kemampuan motorik halus.
Karena anak memang harus dengan melihat dan melakukan sendiri untuk dapat
berhasil belajarnya, sehingga nanti efektivitas dari hasil penelitian ini dapat terus
berlangsung baik untuk kemampuan menggunting dan menempel maupun tugas
perkembangan motorik halus selanjutnya.
Kata Kunci : Motorik Halus, batik jumputan
128/PAUD/PUS/I/2023 | 128/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain