Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN BERBASIS PROYEK DI KB PERMATA HATI SKB BOYOLALI
Rentang usia 0-6 tahun adalah usia kritis sekaligus strategis dalam proses
pendidikan artinya pada periode ini merupakan periode kondusif untuk
menumbuh kembangkan berbagai kemampuan, kecerdasan bakat, kemampuan
fisik, bahasa, sosial emosional, dan spiritual termasuk didalamnya kreativitas
belajar. Kreativitas adalah ungkapan dari keunikan individu dalam interaksi
dengan lingkungannya. Dunia anak merupakan dunia kreativitas dimana anak
membutuhkan ruang gerak, berfikir dan emosional yang terbimbing dan cukup
memadai. Kemampuan otak atau berfikir merupakan salah satu aspek yang
berpengaruh terhadap munculnya kreativitas seseorang, kemampuan berfikir yang
dapat mengembangkan kreativitas adalah kemampuan berfikir secara divergen
yaitu kemampuan untuk memikirkan masalah. Sedangkan perasaan dan ketabahan
dalam menghadapi ketidakpastian dan berbagai masalah yang berkaitan dengan
kreativitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan
kelas dengan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 tindakan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di KB Permata Hati
SKB Boyolali, dapat disimpulkan bahwa hasil pengamatan kegiatan pembelajaran
secara keseluruhan terlihat dari observasi yang dilakukan yaitu dengan
menggunakan permainan berbasis proyek dengan media balok sebagai metode
pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dapat mengembangkan kreativitas
anak usia 5-6 tahun di KB Permata Hati SKB Boyolali. Hal ini dapat dilihat dari
adanya perkembangan persentase kreativitas anak pada pra siklus penelitian
diketahui 46,67% meningkat 18,33% menjadi 65 % pada siklus I dan meningkat
lagi 19,44% menjadi 84,44% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut, siklus I
masih belum belum mencapai ketuntasan indikator keberhasilan yang diharapkan.
Kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan hasil yang diperoleh 84,44%
sehingga siklus II sudah mencapai ketuntasan indikator keberhasilan yang
diharapkan.
Kata Kunci : peningkatan kreativitas anak melalui permainan berbasis proyek.
065/PAUD/PUS/I/2023 | 065/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain