Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERNYANYI DENGAN METODE PRAKTEK LANGSUNG DI TKIT AROFAH BADE TAHUN AJARAN 2021/2022
Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan yang sangat penting dan menjadi
dasar dalam pendidikan keluarga. Dalam hal ini, pendidikan Anak Usia Dini
merupakan proses untuk menumbuhkan dan mengembangkan potensi-potensi
yang sesuai dengan norma-norma yang ada didalam kehidupan masyarakat.
Dengan demikian, Pendidikan Anak Usia Dini dirumah dan disekolah sebaiknya
berkesinambungan. Perlu adanya kerjasama antara pihak keluarga, sekolah, dan
masyarakat agar pendidikan Anak Usia Dini dapat dijalankan secara optimal.
Dengan demikian, anak-anak dapat berkembang sesuai masa perkembangannya
dengan dukungan berbagai pihak.
Tujuan Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri anak melalui
kegiatan bernyanyi dengan metode langsung di TKIT Arofah 3 Bade.
Pendekatan yang digunakan dan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dimana kajiannya bersifat reflektif yang dilakukan oleh peneliti untuk memperdalam pemafhaman tindakan yang dilakukan serta memperbaiki kondisi dalam
pembelajaran. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan PTK pembelajaran.
Hasil Penelitian : Berdasarkan siklus I tampil kedepan untuk menyanyi masih kurang diminati anak, karena masih banyak anak yang kurang percaya diri untuk
tampil didepan teman-temannya. Setelah dilaksanakan evaluasi pada tindakan,
ternyata baru 6 anak atau sekitar 5% yang berani tampil didepan untuk menyanyi
dan ada 4 anak yang masih ragu-ragu untuk tampil didepan atau 3% sedangkan
anak yang sama sekali belum berani maju kedepan untuk menyanyi ada 2 anak
atau sektar 2%. Berdasarkan siklus II setelah dilaksanakan evaluasi ada 9 anak
atau sekitar 75% meningkat rasa percaya diri dalam tampil didepan untuk
menyanyi dan ada 2 anak yang masih ragu-ragu untuk tampil didepan atau 17%,
sedangkan anak yang belum berani sama sekali tampil kedepan untuk menyanyi
ada 1 anak atau sekitar 0,083%.
Kesimpulan : Berdasarkan dari analisis siklus I dan II ternyata ada peningkatan
sebesar 75% yang berani maju kedepan untuk menyanyi dan ada penurunan pada
anak yang sama sekali tidak berani maju kedepan untuk menyanyi sekitar 0,083%.
Kata kunci: Sosial emosional, Bernyanyi
064/PAUD/PUS/I/2023 | 064/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain