Text
SKRIPSI : MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN KERJASAMA MELALUI PERMAINAN ULAR NAGA
Kemampuan bekerjasama penting untuk dilatih sejak dini, karena pada
proses bekerjasama, anak dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional
seperti bagaimana anak bisa berbagi, tanggung jawab, saling membantu, dan
berinteraksi dalam menyelesaikan tugas bersama dengan kelompoknya.
Tujuan penelitian dilakukan untuk membuktikan apakah dengan permainan
ular naga dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak dengan
bekerjasama.
Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas,
karena itu peneliti menganalisis data dengan metode penelitian tindakan kelas
(PTK) yang dilakukan di KBIT Sri Al Manar Bade pada anak usia 3-4 tahun.
Hasil penelitian ; berdasarkan siklus I, ternyata ada 7 anak atau sekitar
58,4% yang meningkat kemampuan kerjasamanya melalui permainan ular naga,
sekitar 3 anak atau 25% yang masih harus didampingi ketika bermain ular naga,
dan 2 anak yang belum mau mengikuti kegiatan bermain ular naga. Berdasarkan
evaluasi siklus II ternyata ada 10 anak yang meningkat kemampuan kerjasama
dalam permainan ular naga atau sekitar 83,4%, sedangkan yang masih harus
didampingi, atau mulai berkembang kemampuan kerjasamanya ada 2 anak atau
sekitar 25%.
Kesimpulan : berdasarkan dari analisis siklus I dan II ternyata ada
peningkatan sekitar 25% yang kemampuan kerjasamanya meningkat melalui
permainan ular naga daan ada penurunan anak yang sama sekali belum bisa
kerjasama sekitar 16,6%.
063/PAUD/PUS/I/2023 | 063/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain