Text
SKRIPSI : UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MEMBILANG MELALUI METODE BERMAIN TANGGA ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A TK PERTIWI 2 KROBOKAN
Penelitian laporan skripsi ini bertujuan pelaksanaanpenelitian ini adalah
sebagai berikut: Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif anak
usia 4-5 tahun dalam mengenal konsep bilangan di TK Pertiwi 2 Krobokan .
Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan anak melalui kegiatan
bermain tangga angka pada anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 2 Krobokan. Untuk
mengetahui perubahan perilaku apa yang tampak melalui kegiatan bermain kartu
angka dalam peningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-5 dalam mengenal
konsep bilangan di TK Pertiwi 2 Krobokan . Bentuk penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan acuan model siklus PTK yang
dikembangkan oleh Kurt Lewin. Laporan penelitian ini dilaksanakan dalam 2
siklus, siklus I tanggal 5 sampai 7 November 2021 dan siklus II tanggal 9 sampai
11 November 2021. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok A di TK Pertiwi
2 Krobokan yang berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah observasi, Dokementasi dan wawancara
Hasil Penelitian ini dapat dilihat dari hasil observasi yang meningkat
setiap siklusnya. Peningkatan dari pra tindakan ke siklus I sebesar 15% dan dari
siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 20%. Peningkatan tersebut dapat
terlihat pada akhir siklus II melalui media tangga angka dapat meningkatkan
kemampuan kognitif anak juga lebih senang dan tertarik. Kesimpulan dari peneliti
ini adalah melalui media tangga angka dapat meningkatkan kemampuan kognitii
änak usia 4-5tahun di TK Pertiwi 2 Krobokan.
Kata kunci : kognotif, membilang, tangga anggka
061/PAUD/PUS/I/2023 | 061/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain