Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PENGENALAN BESAR KECIL BENDA MENGGUNAKAN MEDIA BOBAKAR (BOLA, BATU, KARDUS BEKAS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI POS PAUD CEMPAKA 2 DESA BLUBUK KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2022/2023
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal besar kecil benda
pada peserta didik masih rendah, dalam meningkatkan kemampuan anak pada
usia 5-6 tahun peneliti menggunakan media bobakar. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif melalui pengenalan
besar kecil benda menggunakan media bobakar (bola, batu, kardus bekas pada
anak usia 5-6 tahun di Pos PAUD Cempaka 2 Desa Blubuk kecamatan
Dukuhwaru Kabupaten Tegal tahun ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan 2 (dua) siklus, pada setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan
dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitian penelitian ini adalah anak peserta didik di POS PAUD Cempaka 2 Desa
Blubuk dengan jumlah peserta didik 17 anak, melalui pengambilan data:
dokumentasi, observasi, dan demonstrasi, sedangkan analisis yang digunakan
adalah analisis deskripsi persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bermain dengan media bobakar
dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal besar kecil benda pada
anak usia 5-6 tahun di POS PAUD Cempaka 2 Desa Blubuk. Hasil observasi yang
dilakukan pada saat prasiklus kriteria belum berkembang memiliki skor tertinggi
70,6% atau 12 peserta didik dan belum ada peserta didik yang memperoleh
kriteria berkembang sesuai harapan, siklus I terjadi peningkatakan ke kriteria
berkembang sesuai harapan karena sudah 35,3% atau 6 peserta didik sedangkan
kriteria berkembang sangat baikterjadi pada siklus II dengan skor rata-rata 88,2%
pada interval 75,01%-100%.
Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Mengenal Besar kecil Benda, Bobakar
058/PAUD/PUS/I/2023 | 058/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain