Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-20 DENGAN METODE BERMAIN POHON ANGKA KELOMPOK B DI KB AL GHOZALI DESA SUMBARANG KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL
Kemampuan mengenal angka merupakan kemampuan kognitif yang perlu
dikembangkan pada anak usia dini. Metode Bermain pohon angka adalah salah
satu metode yang dapat mempermudah anak dalam mengenal angka. Berdasarkan
observasi yang telah dilakukan kemampuan anak kelompok B dalam mengenal
angka 1-20 masih rendah, sebagian anak belum mampu mengenal angka dan
sebagian anak belum mengenal konsep bilangan.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka
melalui metode bermain pohon angka. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek
penelitian ini adalah 12 anak yang terdiri dari 8 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, unjuk kerja, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian Pra Siklus kemampuan mengenal angka pada
anak belum sesuai dengan harapan sekitar 66,6%. Sedangkan hasil dari
penelitian Siklus I kategori BSB 16,7%, BSH 41,6%, kategori MB 25% dan
kategori BB 16,7%. Meskipun pada siklus I ini mengalami kenaikan 58,3% yamg
terdiri dari kategori BSB dan BSH, tetapi hasil tersebut masih dibawah kriteria
ketuntasan yaitu 75%. Siklus II jumlah anak yang memiliki kemampuan kognitif
melalui kegiatan bermain pohon angka dengan kategori BSB 41,6%, BSH 50%,
kategori MB 8,3%. Pada siklus II ini mengalami kenaikan 91,6%, maka hasil
tersebut sudah di atas indikator kriteria ketuntasan yaitu 75%. Untuk itu penelitian
ini dapat dikatakan berhasil dan penelitian ini dapat dihentikan.
Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Angka, Metode Bermain, Pohon Angka
055/PAUD/PUS/I/2023 | 055/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain