Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI BERMAIN DENGAN MEDIA LOOSE PART PADA ANAK USIA 3 – 4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN MUSLIMAT NU PAKEMBARAN SLAWI
, 2022.
Latar belakang masalah adalah: sebagian anak di kelompok usia 3 – 4 tahun
di kelompok bermain Muslimat NU Pakembaran Slawi belum menunjukkan
kemampuannya dalam mengenal lambang bilangan , oleh sebab itu perlu
dilakukan sebuah tindakan agar anak mampu melakukan kerjasama dengan baik
dan benar. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru adalah dengan tindakan
kelas melalui metode bermain melalui media loose part dilakukan dengan guru
sebagai kolabolator.
Tujuan penelitian adalah: (1) mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan
mengenal lambang bilangan yang dimiliki oleh anak kelompok Usia 3 – 4 tahun
di kelompok Bermain Muslimat Nu Pakembaran Slawi; (2) mengetahui dan
mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran mengenal lambang bilangan
peserta didik kelompok usia 3 – 4 tahun di Kelompok Bermain Muslimat NU
Pakembaran ; (3) mengetahui dan membuktikan keefektifan penerapan metode
mengenal lambang bilangan melalui media loose part oleh guru dalam proses
pembelajaran pada peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan.
Penelitian tindaan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri dilakukan dengan 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan:
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak
kelompok usia 3 – 4 tahun di Kelompok Bermain Muslimat NU pakembran yang
berjumlah 12 anak, guru sebagai observasi dan guru lain sebagai kolaborator. Data
diperoleh dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data
digunakan analisis deskriptif persentase (DP).
Hasil : Kemampuan Peningkatan kognitf anak dalam mengenal lambang
bilangan melalui media loose part pada anak usia 3 – 4 tahun di Kelompok
Bermain Muslimat NU Pakembaran Slawi pada pra siklus diperoleh skor 72,12%
dengan kriteria belum berkembang. Penerapan metode mengenal lambang
bilangan dengan media loose part dapat meningkatkan kemampuan mengenal
lambang bilangan peserta didik di Kelompok Bermain Muslimat NU Pakembaran
setelah dilakukan tindakan hingga siklus II yang memberikan hasil skor rata-rata
sebesar 16,25 atau 90,27% dengan kriteria berkembang sangat baik, sedangkan
indikator keberhasilan ditetapkan 75% untuk perolehan skor anak secara individu
dan 85% secara klas
051/PAUD/PUS/I/2023 | 051/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain