Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU ANAK CERIA ( GELARIA ) PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KB PAUD TERPADU PELANGI UJUNGRUSI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2022 / 2023
JUNIAH PURWANTI, NPM. 2620130301. PENINGKATAN KOGNITIF
ANAK USIA DINI DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU ANAK CERIA ( GELARIA ) PADA
ANAK USIA 3-4 Tahun KB PAUD TERPADU PELANGI UJUNGRUSI
KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN
2022 / 2023.S I PG PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
IVET Semarang.
Tujuan penelitian yang di harapkan dalam penelitian ini adalah untuk
membuktikan peningkatan kognitif anak usia dini dalam mengenal angka melalui
model pembelajaran gerak dan lagu pada anak usia 3-4 tahun KB PAUD Terpadu
Pelangi Ujungrusi Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Tahun Ajaran
2022/2023.
Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang
dilakukan secara kolaborasi antara guru dengan peneliti dengan menggunakan 2
siklus.Perbaikan dilakukan pada setiap siklus yang dirancang peneliti. Populasi
dalam penelitian ini adalah anak KB PAUDTerpadu Pelangi Ujungrusi
Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal yang berjumlah 10 anak. Peneliti dibantu
mitra guru sebagai kolaborator.Data diperoleh dengan observasi, wawancara dan
unjuk kerja. Analisis data digunakan dengan menyeleksi dan mengelompokkan
data dalam bentuk narasi,table atau grafik, serta menyimpulkan dalam bentuk
pernyataan berdasarkan analisis yang dilakukan yaitu refleksi.
Pada pra siklus ini menunjukkan bahwa anak KB usia 3-4 tahun masih ada yang
belum mengenal angka. Anak masih terbiasa menunggu guru mempraktekkannya
terlebih dahulu. Anak yang belum mengenal angka sebanyak 50%, mulai
mengenal angka 30%,anak yang sudah mengenal angka 30%, sedangkan anak
yang sudah mampu dengan baik 0%. Dari hasil observasi siklus I, dapat diketahui
bahwa anak yang mencapai ketuntasan ada 60% yang terdiri dari kategori BSB
30% dan BSH 30%.Hal ini berarti belum mencapai indikator keberhasilan
penelitian, dimana minimal rata-rata kemampuan kognitif anak dalam mengenal
angka minimal 75%,sehingga perlu diadakan tindakan perbaikan pada siklus II.
Dari hasil observasi siklus II, dapat disimpulkan bahwa anak yang mencapai
ketuntasan ada 90% yang terdiri dari kategori BSB sebanyak 6 anak dan BSH ada
3 anak atau 30%. Jumlah anak yang masuk kategori mulai berkembang (MB)
sebanyak 1 anak atau 10%, dan kategori belum berkembang (BB) sebanyak 0
anak atau 0%.Hal ini berarti bahwa sudah mencapai indikator keberhasilan
penelitian, dimana minimal rata-rata kemampuan anak dalam mengenal angka
adalah 90%, sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil atau dapat
dihentikan.
Kata kunci : Kognitif, mengenal angka, gerak lagu anak ceria.
047/PAUD/PUS/I/2023 | 047/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain