Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL POLA ABCD ABCD MELALUI KEGIATAN BERMAIN KERANG PADA KELOMPOK B KB KHOIRU UMMAH KECAMATAN CILACAP TENGAH , KABUPATEN CILACAP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Kemampuan
Kognitif Anak Dalam Mengenal Pola Melalui Kegiatan Bermain Kerang di KB
Khoiru Ummah Kelurahan Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap.
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua
variabel yakni kemampuan kognitif dalam mengenal pola ABCD melalui
Kegiatan Bermain Kerang . Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua
siklus yang mencakup beberapa tahapan yakni tahap perencanaan (planning),
tindakan (acting), observasi (observasing) dan refleksi (reflecting). Subyek yang
diteliti dalam penelitian adalah anak-anak di KB Khoiru Ummah sebanyak 22
anak, yang memiliki kecenderungan kemampuan kognitif dalam mengenal pola
rendah kemudian dilakukan perlakuan kegiatan bermain kerang dalam rangka
meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal pola subjek penelitian
tersebut.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian diperoleh hasil pada siklus I
menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal pola ABCD rendah
untuk kemudian dilakukan perlakuan kegiatan bermain kerang termasuk cukup
baik namun belum memenuhi indikator penilaianl. Hal tersebut dapat dilihat dari
banyak anak yang termasuk kategori sangat baik sebanyak 2 anak atau 40 %
(BSB), (BSH) sebanyak 2 anak atau 40%, mulai berkembang sebanyak 1 anak
atau 20%. Secara klasikal, hasil penelitian pada siklus I ini belum mencapai
indikator yang telah ditentukan yaitu 75%. Sedangkan pada siklus II anak yang
berhasil dengan berkembang sangat baik sebanyak 4 anak atau 80%, yang terdiri
dari kategori berkembang sesuai harapan ada 1 anak atau 20%.
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, peneliti
menyarankan kepada guru kelas sebagai fasilitator pelaksanaan pembelajaran,
sebaiknya memahami dan mampu mengaplikasikan kegiatan bermain kerang ini
dan tahapan perkembangan dalam mengenal pola. Karena anak memang harus
dengan melihat dan melakukan sendiri secara berulang-ulang untuk dapat berhasil
belajarnya, sehingga nanti efektivitas dari hasil penelitian ini dapat terus
berlangsung baik.
Kata Kunci : pola ABCD, kerang
045/PAUD/PUS/I/2023 | 045/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain