Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA PAKADING ( PUZZLE ANGKA DUA KEPING ) UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PAUD TERPADU PELANGI UJUNGRUSI KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2022/2023
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan kognitif mengenal konsep
bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun TK PAUD Terpadu Pelangi Ujungrusi
Kecamatan Adiwerna Tegal masih rendah. Peneliti sebagai observer melakukan
tindakan meningkatkan kemampuan kognitif mengenal konsep bilangan 1-10
melalui media pakading (puzzle angka dua keping).Tujuan penelitian untuk
mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan kognitif mengenal
konsep bilangan 1-10 melalui media pakading (puzzle angka dua keping).
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dua kali
pertemuan. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 15 anak,
melalui pengambilan data: observasi, dan dokumentasi, dengan analisis deskriptif
persentase. Hasil penelitian pra siklus terdapat 33% anak yang sudah mencapai
ketuntasan, siklus I naik menjadi 40 % dan pada siklus II anak yang mencapai
ketuntasan ada 80%, artinya dengan media pakading (puzzle angka dua keping)
mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal konsep bilangan 1-
10.
Kata kunci: Kognitif, Mengenal konsep bilangan 1-10, pakading (puzzle angka
dua keping).
044/PAUD/PUS/I/2023 | 044/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain