Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOOSE PART DI PAUD NUSA INDAH 02 JERUKLEGI CILACAP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Kognitif Dalam
Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Loose Part di Paud Nusa Indah 02
Jeruklegi Cilacap.
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua
variabel yakni kemampuan kognitif dalam mengenal lambang bilangan melalui
media Loose Part. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus yang
mencakup beberapa tahapan yakni tahap perencanaan (planning), tindakan
(acting), observasi (observasing) dan refleksi (reflecting). Subyek yang diteliti
dalam penelitian adalah anak-anak di PAUD Nusa Indah 02 sebanyak 12 anak,
yang memiliki kecenderungan kemampuan Kemampuan Kognitif Dalam
Mengenal Lambang Bilangan masih rendah kemudian dilakukan perlakuan
bentuan media loose part pada subjek penelitian tersebut.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian diperoleh hasil yaitu dapat menunjuk
lambang bilangan 1-10 dengan bilangannya, pada saat Pra Siklus persentase anak
yang berkriteria baik sebesar 58,97%. Sedangkan pada Siklus I sebesar 69,44%.
Hal itu menunjukkan bahwa persentase anak yang memperolah kriteria baik
terjadi peningkatan 10,47% setelah dilakukan tindakan pada Siklus I. Pada siklus
ke II pada indikator ketiga yaitu dapat menghubungkan lambang bilangan dengan
benda-benda sampai 10 dengan urut, persentase anak yang memperoleh kriteria
baik pada saat Pra Siklus sebesar 46,15%, pada Siklus I sebesar 58,33%, dan pada
Siklus II sebesar 78,78%. Hal itu menunjukkan bahwa persentase anak yang
memperoleh kriteria baik terjadi peningkatan 12,18% setelah dilakukan tindakan
pada Siklus I dan terjadi peningkatan 20,45%.
.
Kata Kunci : mengenal bilangan, loose part
039/PAUD/PUS/I/2023 | 039/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain