Text
SKRIPSI : PENINGKATAN PENGEMBANGAN BAHASA MENYIMAK MELALUI PERMAINAN PESAN BERANTAI PADA KELOMPOK USIA 3 –4 TAHUN DI POS PAUD KASIH BUNDA BONDO KECAMATAN BANGSRI KABUPATEN JEPARA
Yuniasri, ”Peningkatan Pengembangan Bahasa Menyimak Melalui Permainan
Pesan Berantai Pada Kelompok Usia 3-4 Tahun Di Pos PAUD Kasih Bunda
Bondo Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara.
Peneliian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan bahasa anak,
anak belum mampu menjawab pertanyaan sederhana ketika guru memberikan
pertanyaan, karena minimnya perbendaharaan kata dan anak belum mampu
menyusun kalimat sederhana di Pos PAUD Kasih Bunda Bondo. Penelitian ini
bertujuan membantu perkembangan bahasa anak sesuai dengan tahap
perkembangannya dengan menggunakan metode permainan pesan berantai.
yang diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran di Pos PAUD Kasih Bunda
Bondo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri
dari II siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan dua kali pertemuan masingmasing siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi
pada setiap siklusnya. Permainan pesan berantai bertujuan untuk melatih
kemampuan menyimak anak dapat meningkat pada anak kelompok Usia 3-4
Tahun di Pos PAUD Kasih Bunda Bondo. Subjek dalam penelitian ini adalah
anak kelompok Usia 3-4 Tahun Pos PAUD Kasih Bunda Bondo yang berjumlah
12 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik
pengumpulan data adalah dengan observasi. Berdasarkan analisis data diperoleh
bahwa perkembangan bahasa anak dengan menggunakan metode permainan
Pesan Berantai, mampu meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok
Usia 3-4 Tahun di Pos PAUD Kasih Bunda Bondo Kecamatan Bangsri
Kabupaten Jepara. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan secara bertahap
dari pra siklus yang hanya mencapai 25% sekitar 3 anak yang berkembang
sangat baik. Siklus I terjadi peningkatan sekitar 66,67% yaitu 8 anak yang
berkembang sangat baik, dan Siklus II terjadi peningkatan sekitar 91,67% yaitu
11 anak yang berkembang sangat baik. Persentase kenaikan dari siklus I ke siklus
II adalah 25 %. Didukung dari hasil kinerja guru pada pra siklus 67 %, siklus I
mencapai 76 %, dan siklus II mencapai 87 %. Sehingga dapat dilihat proses
kenaikan dari Pra Siklus ke siklus I mencapai 9%, dan proses kenaikan dari
siklus I ke siklus II mencapai 11 %. Jadi melalui metode permainan pesan
berantai dapat meningkatkan pengembangkan kemampuan bahasa anak di Pos
PAUD Kasih Bunda Bondo kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara. Hal ini dapat
dilihat dari proses yang dilakukan anak yang semula belum berkembang
bahasanya kemudian setelah dilakukan penelitian ,anak sudah mengalami
perkembangan bahasanya.
Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa Menyimak, Permainan pesan beranta
036/PAUD/PUS/I/2023 | 036/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain