Text
SKRIPSI : PENINGKATAN PERILAKU SOPAN SANTUN DALAM BERSOSIALISASI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI KB TERANG DUNIA JEPARA
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Siswa berperilaku
kurang sopan santun seperti kurang menghargai guru, orang tua dan kepada siswa
lain dan berkata kasar. 2) Siswa kurang memahami sikap sopan santun saat sedang
bermain. 3) Guru belum cukup menjalankan pembelajaran perilaku sopan santun
kepada siswa.4) Guru dan Siswa di KB Terang Dunia Jepara belum terbiasa
melakukan kegiatan bermain peran dalam proses pembelajaran. korelasi
peningkatan perilaku sopan santun dalam bersosialisasi melalui kegiatan bermain
peran. Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, peneliti menggunakan2 siklus,
setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek terdiri dari 10 anak , yaitu empat (4)
orang Laki-laki dan Enam (6) Perempuan. Korelasi peningkatan kemampuan sosio
emosionalnya pada pra siklus mencapai 43,8%, siklus I mencapai 67,5%, siklus II
sebesar 87,65% dengan kategori berkembang sangat baik.Kinerja guru pada Pra
siklus 57,5% dengan kriteria cukup baik, siklus I mencapai 70,0% dengan kriteria
baik dan siklus II mencapai 87,5% dengan kriteria baik sekali. Keaktifan anak pada
pra siklus, 47,5%, siklus I 62,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II.
Efektifitas peningkatan perilaku sopan santun dalam bersosialisasi melalui
kegiatan bermain peran dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan sosial emosional anak supaya mengerti perilaku sopan santun adalah
sebesar 87,5%. Dengan demikian kegiatan bermain peran sangat efektif dalam
meningkatkan kemampuan anak mengerti perilaku sopan santun. Didukung oleh
kinerja guru yang meningkat pula.
Kata Kunci : Peningkatan, Perilaku Sopan Santun, Bersosialisasi, Bermain Peran
035/PAUD/PUS/I/2023 | 035/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain