Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PRIMER DAN SKUNDER MELALUI KEGIATAN EKSPERIMEN PASTA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK LESTARI DERMOLO KEMBANG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Peneliti memilih pengenalan warna sebagai sarana yang tepat untuk
mengembangkan kemampuan kognitif anak di TK Lestari Dermolo. Selain itu,
pemilihan strategi, pendekatan, dan metode belajar yang tepat juga mendukung
keberhasilan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran pada anak usia dini
yaitu pembelajaran dengan metode eksperimen atau percobaan sederhana,
pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan yang lebih banyak memberi
kesempatan kepada anak untuk menemukan sesuatu yang baru dengan cara-cara
yang menarik bagi mereka. Dalam pembelajaran yang melakukan kegiatan
percobaan akan mengembangkan potensi dan kreativitas anak. Rumuskan masalah
dalam penelitian ini yaitu Bagaimana meningkatkan kemampuan mengenal warna
primer dan sekunder melalui kegiatan eksperimen pasta pada anak usia 4-5 tahun
di TK Lestari Dermolo Kembang Jepara Tahun Pelaharan 2022/2023?. Tujuan
penelitian: Untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan mengenal warna
primer dan sekunder melalui kegiatan eksperimen pasta pada anak usia 4-5 tahun
di TK Lestari Dermolo Kembang Jepara Tahun Pelaharan 2022/2023. Dalam
penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Subyek
penelitian adalah peserta didik di TK Lestari Dermolo Kembang Jepara yang
terdiri dari 11 anak. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan 2 pertemuan. Hasil
penelitian tindakan kelas: Berdasarkan hasil peningkatan kemampuan anak
mengenal warna primer sunder melalui metode eksperimen pada anak usia 4-5
tahun di TK Lestari Dermolo Kembang Jepara dari sebelum penelitian atau tahap
pra siklus hanya 43% dari 11 anak yang dapat menunjukkan kemampuan
mengenal mengenal warna primer dan skunder dengan sangat baik, meningkat
setelah dilakukan perbaikan pada siklus I mencapai 59%, dilanjutkan lagi hingga
mencapai minimal 80%, pada siklus II memperoleh hasil peningkatan hingga ratarata 82%. Pengamatan kinerja guru oleh observer pada siklus I kinerja guru
mencapai 72,14%, akan tetapi setelah dilakukan perbaikan pada siklus II maka
diperoleh pencapaian yang lebih baik 82,95%. Terlihat ada peningkatan yang
signifikan pengaruh metodeeksperimen terhadap upaya meningkatkan
kemampuan mengenal warna primer dan skunder pada anak.
Kata Kunci : Metode Eksperimen, Kemamapuan Mengenal Warna Primer dan
Skunder
032/PAUD/PUS/I/2023 | 032/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain