Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMANDIRIAN DENGAN METODE BERCERITA PADA KELOMPOK B DI POS PAUD MELATI SENGONBUGEL KECAMATAN MAYONG KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2022/2023
Lemahnya
kemandirian anak khususnya di POS PAUD Melati Sengonbugel menjadi latar
belakang peneliti mengangkat tema Skripsi Tindakan kelas ini. Rumusan
masalahnya adalah bagaimana meningkatkan kemandirian anak dengan metode
bercerita pada kelompok B di Pos PAUD Melati Sengonbugel Mayong Jepara
Tahun Ajaran 2022/2023?. Dengan Tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan
peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita. Peneliti menggunakan
empat indikator kemandirian sebagaimana pendapat para ahli diantaranya, yaitu
anak memiliki kemampuan buang air kecil tanpa bantuan, mampu merapikan alat
main ketika selesai bermain, mampu mengembalikan alat belajar pada tempatnya,
mampu meletakkan sepatu pada rak sepatu. Penelitian menerapkan dua siklus.
Diawali dengan observasi pra kondisi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.
Subyek penelitian ini sebanyak 17 anak. Ketercapaian indikator sebesar 80%. Pada
tahap pra siklus memberikan gambaran peserta didik yang lemah dalam
kemandiriannya Belum berkembang (BB) dan mulai berkembang (MB) berada
pada 90% dan Berkembang sesuai harapan (BSH) dan Berkembang sangat baik
(BSB) pada kondisi 10%. Bila dibandingkan dengan kondisi terakhir pada siklus
II pertemuan kedua adalah Kondisi BB dan MB berada prosentase 13% dan BSH
dan BSB berada pada prosentase 87%. Dari kondisi sebelumnya BB dan MB 90%
berkurang menjadi 13%, atau turun 77% dan Prosentase BSH dan BSB dari 10%
menjadi 87 %, menunjukkan progres peningkatan yang sangat signifikan.
Kata Kunci: Kemandirian, Metode Bercerita, kinerja guru
031/PAUD/PUS/I/2023 | 031/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain