Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA LOOSE PART BERBAHAN DASAR ALAM PADA ANAK KELOMPOK B (5-6 TAHUN) DI TK PERTIWI WANASARI BREBES
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan hasil penerapan
pembelajaran dengan media Loose Parts berbahan dasar alam dalam meningkatkan
kemampuan motorik halus pada anak Kelompok B (5-6 tahun) di TK Pertiwi Wanasari
Brebes. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua variabel
yakni kemampuan motorik halus dan media Loose Parts. Penelitian tindakan kelas (PTK)
ini terdiri dari dua siklus yang mencakup beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek yang diteliti dalam penelitian adalah anak-anak
kelompok B di TK Pertiwi Wanasari Brebes sebanyak 12 anak, yang memiliki
kecenderungan kemampuan motorik halus masih rendah. Berdasarkan hasil penelitian
dan pembahasan menghasilkan data pada siklus II, anak yang memiliki kemampuan
motorik halus dengan kategori BSB ada 5 anak atau 41,7%, BSH ada 6 anak atau 50%,
kategori MB ada 1 anak atau 8,3% dan yang memiliki kemampuan dengan kategori BB
ada 0 anak atau 0%. Pada siklus II ini kemampuan motorik halus anak mengalami
kenaikan menjadi sebesar 91,7% yang terdiri dari kategori BSB 41,7% dan BSH sebesar
50%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kegiatan bermain melalui media loose parts dapat
meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Pertiwi Wanasari
Brebes. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, peneliti menyampaikan
saran bagi sekolah, agar sekolah harus dapat membantu mendukung kinerja guru dengan
fasilitas dan variasi alat dan bahan yang dibutuhkan pendidik untuk menunjang kegiatan
pembelajaran demi meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Kata Kunci : Motorik Halus, Loose Parts
028/PAUD/PUS/I/2023 | 028/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain