Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF DENGAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK B (5-6 TAHUN) DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KEBOLEDAN BREBES
Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua
variabel yakni meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak dan metode
bercerita menggunakan media boneka tangan. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini
terdiri dari dua siklus yang mencakup beberapa tahapan yakni tahap perencanaan
(planning), tindakan (acting), observasi (observasing) dan refleksi (reflecting).
Subyek yang diteliti dalam penelitian adalah anak-anak TK Aisyiyah Bustanul
Athfal Keboledan Brebes sebanyak 20 anak, yang memiliki kecenderungan
kemampuan bahasa ekspresif masih rendah untuk kemudian dilakukan perlakuan
kegiatan metode bercerita menggunakan media boneka tangan dengan harapan
dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif pada anak.
Berdasarkan hasil analisis dan pengujian diperoleh hasil pengamatan
bahwa pada siklus I anak yang memiliki kemampuan bahasa ekspresif anak
dengan kategori BSB ada 0 anak atau 0%, BSH ada 11 anak atau 55%, kategori
MB ada 4 anak atau 20% dan yang memiliki kemampuan bahasa ekspresif dengan
kategori BB ada 5 anak atau 25%. Meskipun pada siklus I ini mengalami kenaikan
55%, tetapi hasil tersebut masih dibawah kriteria ketuntasan yaitu 80%. Observasi
terhadap kinerja guru pada peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak
dengan metode bercerita menggunakan media boneka tangan pada siklus I sudah
baik karena nilai baik tercapai 70% dan keaktifan anak 72%.
Pada siklus II anak yang memiliki kemampuan bahasa ekspresif anak
dengan metode bercerita menggunakan media boneka tangan dengan kategori
BSB ada 9 anak atau 45%, BSH ada 9 anak atau 45%, kategori MB ada 2 anak
atau 10% dan yang memiliki kemampuan bahasa ekspresif dengan kategori BB
ada 0 anak atau 0%. Pada siklus II ini mengalami kenaikan 90%, maka hasil
tersebut sudah di atas kriteria ketuntasan yaitu 80%. Observasi terhadap kinerja
guru pada peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak dengan metode
bercerita menggunakan media boneka tangan pada siklus II sudah sangat baik
karena nilai baik tercapai 92,5%, dan keaktifan anak meningkat menjadi 90%.
.
Kata Kunci : bahasa ekspresif, boneka tangan
027/PAUD/PUS/I/2023 | 027/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain