Text
Skripsi : PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KESIAPAN PRAKERIN SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TKRO SMK PERMATA NUSANTARA PATI - CD Skripsi
ABSTRAK
HESTIO BAYU KUMORO HENDRAJATI NPM : C3217110013 “Pengaruh
Motivasi Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap
Kesiapan Prakerin Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian TKRO SMK
Permata Nusantara Pati”. Semarang 2021. Pendidkan Vokasional Teknik
Mesin. Fakultas Sain dan Teknologi. Universitas Ivet Semarang.
Penjelasan pasal 15 UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan nasional, menegaskan bahwa “Pendidikan Kejuruan
merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama
untuk bekerja dalam bidang tertentu”. Bekerja pada bidang tertentu
sebagaimana dimaksud UU Sisdiknas diatas tentu sesuai dengan jenis-jenis
bidang pekerjaan yang tersedia di lapangan kerja, baik bekerja mandiri atau
berwirausaha maupun bekerja pada pihak lain. Namun masih banyak industri
yang mengeluhkan kesiapan prakerin siswa SMK. Menanggapi permasalahan
masih rendahnya kesiapan prakerin, SMK Permata Nusantara Pati
melaksanakan berbagai upaya diantaranya dengan meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa dan melaksanakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya.
Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Untuk mendeskripsikan motivasi
Belajar Siswa; (2) Untuk mendeskripsikan Model Pembelajaran Tutor Sebaya;
(3) Untuk Mendeskripsikan Kesiapan Prakerin Siswa; (4) Untuk mengkaji
pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap kesiapan prakerin; (5) Untuk
mengkaji pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Kesiapan
Prakerin; (6) Untuk mengkaji pengaruh antara motivasi belajar dan model
pembelajaran tutor sebaya terhadap kesiapan prakerin.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi
sebanyak 66 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik
proportional random sampling dengan expost facto. Data diperoleh dengan
angket. Analisis data yang digunakan analisis regresi, uji-t dan uji-f dengan
menggunakan bantuan program pengolahan spss versi 21.0
Hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi Belajar Siswa berpengaruh terhadap
Kesiapan Prakerin SMK Permata Nusantara Pati terbukti t-hitung 6.494 >
t-tabel 1.997; (2) Model Pembelajaran Tutor Sebaya berpengaruh terhadap Kesiapan
Prakerin SMK Permata Nusantara Pati terbukti t-hitung 2.453 > t-tabel 1.997;
(3) Motivasi Belajar Siswa dan Model Pembelajaran Tutor Sebaya berpengaruh
terhadap Kesiapan Prakerin SMK Permata Nusantara Pati terbukti f-hitung
30.198 > f-tabel 3.136; Berdasarkan hasil hitungan determinan diperoleh nilai
r square sebesar 78.40%. sedangkan sisanya yaitu 21,60% dipengaruhi variabel
lain.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Tutor Sebaya,
Kesiapan Prakerin.
005/PVTMO/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain