Text
SKRIPSI : PENERAPAN METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 3–4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN ISLAM TERPADU ( KBIT ) AL QUDWAH KECAMATAN NGADIREJO, KABUPATEN TEMANGGUNG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam
membaca huruf hijaiyah sebelum menggunakan metode qiroati. Metode qiroati
ada beberapa media, dengan kartu huruf, alat peraga, ditulis di papan tulis, dengan
lagu menjadikan anak lebih semangat dilihat dari hasil peningkatan kemampuan
membaca huruf hijaiyah dengan menggunakan metode qiroati dan tingkat
kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui media kartu huruf di Kelompok
Bermain Islam Terpadu ( KBIT ) Al Qudwah, Desa Demangan rt 04 rw 05
Ngadirejo Temanggung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ). Penelitian initerdiri
dari dua siklus, yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah
kelas Todler ( kelas manggis ) dengan jumlah 12 anak.
Hasil penelitian dan penilaian pada PTK ini bahwa adanya peningkatan
kemampuan membaca melalui metode qiroati yang telah dirancang di
kelompok bermain islam terpadu al qudwah yaitu: sebelum diadakan tindakan
atau pada pra siklus kemampuan membaca huruf hijaiyah dinyatakan mulai
berkembang atau masih cukup yaitu rata-rata sebesar 42,36 %, Pada siklus I
dinyatakan ada peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 68,75 % dan itu masih
pada kategori baik . Pada siklus II lebih meningkat kemampuan membaca huruf
hijaiyah melalui metode qiroati dinyatakan meningkat rata-rata sebesar 82,81 %
dan masuk pada kategori sangat baik.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan
terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah dengan metode Qiroati.
Kata Kunci : Membaca, Huruf Hijaiyah, Metode Qiroati.
101/PAUD/PUS/I/2023 | 101/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain