Text
SKRIPSI : PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN PERMAINAN PLAYDOUGH PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI POS PAUD LENTERA HATI DESA SOKARAJA WETAN KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS
Latar belakang penelitian: sebagian anak di Pos PAUD Lentera Hati
Sokaraja Wetan motorik halusnya belum difungsikan secara maksimal, sehingga
peneliti bekerjasama dengan teman sejawat sebagai kolaborator melakukan
tindakan kelas melalui kegiatan bermain playdough untuk meningkatkan motorik
halus anak.
Tujuan penelitian: untuk mendeskripsikan kegiatan bermain playdough
efektif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun
di Pos PAUD Lentera Hati Desa Sokaraja Wetan Kecamatan Sokaraja Kabupaten
Banyumas.
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak di Pos PAUD Lentera Hati
Sokaraja Wetan yang berjumlah 18 anak. Teknik pengambilan data yang
digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan analisis
data digunakan analisis deskriptif persentase.
Simpulan hasil penelitian: Bermain playdough efektif dapat meningkatkan
keterampilan motorik halus pada anak, hal ini didukung perolehan skor akhir
siklus II sebesar 17 atau 94,44% termasuk kriteria berkembang sangat baik,
sedang indikator keberhasilan 75% untuk perolehan skor secara individu dan
85% untuk skor perolehan secara klasikal, maka dapat dibuat persamaasn
matematika: 75% < 94,44% > 85% sehingga hipotesis kerja: ”Melalui kegiatan
permainan playdough dapat meningkatkan motorik halus pada anak usia 3-4
tahun di Pos PAUD Lentera Hati Desa Sokaraja Wetan Kecamatan Sokaraja
Kabupaten Banyumas” dinyatakan diterima atau terbukti.
Kata kunci: motorik halus, playdough.
086/PAUD/PUS/I/2023 | 086/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain