Perpustakaan Universitas Ivet

  • Beranda
  • Profil
  • Berita
  • SmartLibrary
  • Bantuan
  • Ejournal
  • Eprint
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : PENINGKATAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL JARANAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB CEPOKO LEGOKCLILE PEKALONGAN

Text

SKRIPSI : PENINGKATAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL JARANAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB CEPOKO LEGOKCLILE PEKALONGAN

Apigus Ganjarani - Nama Orang;

Pembelajaran seni tari jaranan yaitu tari kreasi kuda sebagai rangsangan
untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar pada anak, akan tetapi karena
tari kreasi jaranan bukan tarian yang sederhana dan ada unsur magic di dalamnya,
maka penelitian ini menggunakan media permainan tradisional jaranan yang tidak
menggunakan magic sama sekali. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan permainan tradisional jaranan
dapat meningkatkan motorik kasar pada anak usia 3-4 tahun di KB Cepoko
Legokclile Pekalongan.
Pendekatan penelitian ini didesain untuk memecahkan masalah yang
diaplikasikan secara langsung dalam kelas yang meliputi 4 (empat) tahapan, yaitu:
1) perencanaan; 2) implementasi/pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
karena penelitian dilakukan di dalam kelas. Pengertian penelitian tindakan kelas
(PTK) adalah suatu penelitian yang melakukan tindakan dengan cermat terhadap
kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan terjadi
dalam sebuah kelas secara bersama-sama. Subjek penelitian ini adalah peserta
didik di KB Cepoko Legokclile yang berjumlah 19 anak.
Penelitian ini dapat disimpulkan beberapa kesimpulan antara lain sebagai
berikut: 1) Upaya peningkatan motorik kasar melalui Permainan Tradisional
Jaranan Anak bisa efektif bagi anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak
mampu berjalan dengan seimbang saat bermain jaranan, anak mampu berlari
ketika bermain jaranan, anak mampu berjinjit saat bermain jaranan, anak mampu
melompat / meloncat saat bermain jaranan, dan anak mampu memegang jaranan
dengan kuat sehingga dalam bermain tidak jatuh. 2) Melalui metode bermain
dengan media permainan tradisional jaranan dapat meningkatkan motorik kasar
pada anak usia 3-4 tahun di KB Cepoko Legokclile Kabuaten Pekalongan”. Hal
ini dibuktikan dengan peningkatan motorik kasar anak pada tiap siklus. Diketahui
bahwa anak yang mencapai kriteria tuntas yaitu BSH (Berkembang Sesuai
Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat Baik) pada Siklus I Pertemuan Ke-1
sejumlah 6 anak atau sebesar 32%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 10
anak atau sebesar 53%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 13 anak atau
sebesar 68%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 17 anak atau sebesar
89%.
Kata Kunci: Permainan Tradisional, Jaranan, dan Motorik Kasar.


Ketersediaan
084/PAUD/PUS/I/2023084/PAUD/PUS/I/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
084/PG-PAUD/PUS/I/2023
Penerbit
: ., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
PG-PAUD
Apigus Ganjarani
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENINGKATAN MOTORIK KASAR MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL JARANAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB CEPOKO LEGOKCLILE PEKALONGAN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Universitas Ivet
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik