Text
Skripsi : ANALISIS PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS ONLINE MATA PELAJARAN KOMPUTER PADA SISWAKELAS XII DI SMK SE-KECAMATAN BUMIAYU - CD Skripsi
ABSTRAK
Inda Rismawati (2021). Analisis Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis
Online pada Mata Pelajaran Komputer pada Siswa Kelas XII di SMK se
Kecamatan Bumiayu. Skripsi. Pendidikan Informatika. Fakultas Sains
dan Teknologi. Universitas Ivet. 98 Halaman.
Pembelajaran Online merupakan salah satu bentuk model
pembelajaran yang di fasilitasi dan di dukung pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi, Sejak Pandemi Covid 19 Penyelenggaraan
Belajar seluruh SMK di KecamatanBumiayu menggunakan pembelajaran
jarak jauh.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengungkapkan faktor-faktor
pendukung dan penghambat proses pembelajaran secara online/ daring
mata pelajaran komputer pada siswa kelas XII di SMK se-kecamatan
Bumiayu Tahun 2021. (2) Mengungkapkan efektivitas pembelajaran
siswa kelas XII pada masa pandemi covid-19 di SMK se-kecamatan
Bumiayu Tahun 2021 berdasarkan sudut pandang siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek
penelitian adalah 3 guru Mata Pelajaran Komputer dan 3 Kepala Sekolah
Bagian Kurikulum dan 20 siswa Kelas XII dari SMK Islam Sabilul Huda
Bumiayu, SMK Muhammadiyah Bumiayu, dan SMK AL Maarif
Bumiayu. Analisis data yang digunakan dilakukan secara gabungan
(tringulasi) dan analisis datanya bersifat induktif atau kualitatif.
Hasil penelitian (1) Faktor penghambat Pembelajaran Jarak Jauh
pada mata pelajaran komputer adalah kondisi jaringan yang tidak stabil,
adanya siswa yang tidak hadir dalam pelaksanaan pembelajaran
komputer secara daring, kondisi ekonomi siswa, serta tidak seluruhnya
siswa memiliki gadget ataupun laptop. (2) faktor yang mendukung
Pembelajaran Jarak Jauh yaitu teknologi yang dimanfaatkan dengan
menggunakan jaringan internet, tempat belajar yang difasilitasi, sumber
belajar dan media belajar yang memadai, RPP yang dirancang oleh guru,
sikap antusias dan rasa tanggung jawab siswa dalam menuntut ilmu,
dan sarana prasarana yang memadai untuk dilakukannya pembelajaran
secara daring. (3) efektivitas pembelajaran komputer di masa pandemi
covid-19 diambil kesimpulan bahwa sebanyak 85 % efektivitas
pembelajaran komputer secara daring berjalan dengan efektif sesuai
dengan aturan pemerintah melalui Surat Edaran No.15 Tahun 2020, dan
sebanyak 15% pembelajaran secara online di SMK se Kecamatan
Bumiayu selama pandemi kurang efektif.
Kata kunci : Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh, Mata Pelajaran Komputer
002/TIK/PUS/I/2022 | 002/TIK/PUS/I/2022 | Perpustakaan Pusat (Informatika) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain