Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI METODE PRAKTIK MEMBUNGKUS DENGAN MEDIA SAMPUL BUKU PADA ANAK TK MUTIARA HATI DESA SAMBUNG GROBOGAN
Tujuan peneliti adalah: 1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan
kemampuan motorik halus pada anak TK Mutiara Hati Desa Sambung; dan 2) untuk
mengetahui dan membuktikan metode praktik membungkus dengan media sampul
buku dalam meningkatkan motorik halus pada anak Mutiara Hati Desa Sambung
Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri
dari 2 pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Subjek penelitian adalah anak TK Mutiara Hati Desa Sammbung Kecamatan
Godong Kabupaten Grobogan yang berjumlah 18 anak, guru, dan kolabolator. Data
diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan pemberian tugas.
Simpulan: 1) motorik halus anak TK Mutiara Hati Sambung pada awalnya
termasuk kriteria belum berkembang dengan skor 15 atau 83,33%, namun setelah
dilakukan tindakan sampai siklus II hasilnya melalui pasca siklus didapat skor 18
atau 100% dengan kriteria berkembang sangat baik; dan 2) proses pembelajaran
dengan menerapkan metode praktik membungkus dengan media sampul buku efektif
dapat meningkatkan motorik halus anak, hal ini didukung perolehan skor pada akhir
siklus II rata-rata sebesar 18 atau 100% termasuk kriteria berkembang sangat baik,
sedang indikator keberhasilan 75% untuk perolehan skor secara individu dan 85%
skor perolehan secara klasikal, maka dapat dibuat persamaasn: 75% < 100% > 85%
sehingga hipotesis tindakan: “Melalui metode praktik membungkus dengan media
sampul buku dapat meningkatkan motorik halus pada anak TK Mutiara Hati Desa
Sambung Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan" diterima atau terbukti.
Kata Kunci: Motorik halus, membungkus, sampul buku.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain