Text
SKRIPSI : PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BILANGAN 1-10 DENGAN MEDIA POHON ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KB AISYIYAH KAJEN PEKALONGAN
Pelaksanaan penelitian ini tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai, yaitu
untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep bilangan 1-10 dengan
media pohon angka pada anak usia 3-4 tahun KB Aisyiyah Kajen Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian
cara memperoleh datanya didasarkan pada hasil observasi, wawancara, dokumen,
dan tes kepada sejumlah subyek. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan tindakan kelas, yaitu suatu penelitian yang bertujuan meningkatkan
hasil proses pembelajaran karena mampu menjembatani kesenjangan antara teori
dan praktik serta merupakan kolaboratif yang melibatkan pertisipan bersama-sama
bergabung untuk mengkaji praktik pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah
keseluruhan peserta didik usia 3-4 tahun di KB Aisyiyah Kajen Pekalongan yang
berjumlah 14 anak.
Hasil penelitian ini ialah : 1) Permainan pohon angka dapat digunakan
sebagai salah satu cara untuk mengembangkan pemahaman Konsep Bilangan 1–
10 pada anak usia 3-4 tahun. Melalui permainan pohon angka, anak dapat
mengembangkan pemahaman Konsep Bilangan 1–10 pada anak usia 3-4 tahun
melalui cara yang menyenangkan dan tidak terpaku pada lembar kerja yang
membosankan. 2) Anak yang mencapai kriteria tuntas yaitu BSH (Berkembang
Sesuai Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat Baik) pada Siklus I Pertemuan
Ke-1 sejumlah 6 anak atau sebesar 43%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 8
anak atau sebesar 57%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 10 anak atau
sebesar 71%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 12 anak atau sebesar
86%. 3) Kinerja Guru pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar 48 poin atau sebesar
60%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sebesar 51 poin atau sebesar 64%, pada
Siklus II Pertemuan Ke-1 sebesar 59 poin atau sebesar 74%, dan pada Siklus II
Pertemuan Ke-2 sebesar 65 poin atau sebesar 81%. 4) Hipotesis tindakan yang
berbunyi “melalui media pohon angka dapat meningkatkan pemahaman konsep
bilangan 1–10 pada anak usia 3-4 tahun di KB Aisyiyah Kajen Pekalongan”
terbukti.
Kata Kunci: Media, Pohon Angka, dan Konsep Bilangan 1–10.
082/PAUD/PUS/I/2023 | 082/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain