Text
SKRIPSI : PENINGKATAN PEMAHAMAN ANGKA DASAR 1-10 MELALUI METODE BERMAIN DENGAN MEDIA BOTOL BEKAS MINUMAN PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB GOLDEN KIDZ BANCARKEMBAR KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS
Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman angka dasar 1-10 pada Anak
usia 3-4 tahunKB Golden Kidz Bancarkembar masih rendah, untuk meningkatkan
pemahaman angka dasar 1-10 tersebut, peneliti sebagai observer bekerjasama dengan
guru kelas lain sebagai kolabolator melakukan tindakan dengan menerapkan metode
bermain melalui media botol bekas minuman.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan
media botol bekas minuman (tolkasmin) dalam meningkatkan pemahaman konsep
angka 1-10 pada anak usia 3-4 Tahun di KB Golden Kidz Desa Bancarkembar
Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas..
Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 (dua) siklus, setiap
siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak diKB Golden Kidz Bancarkembar
yang berjumlah 15 anak, melalui pengambilan data: dokumentasi, observasi, dan
wawancara, sedangkan analisis data digunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian:Penerapan metode bermain dengan media botol bekas minuman
efektif dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka dasar pada anak usia 3-4
tahun di KB Golden Kidz Desa Bancarkembar diperoleh dari skor rata-rata tindakan
padsa siklus II yang diperoleh 12 atau 85%, sedangkan indikator keberhasilan
ditetapkan minimal secara individu dan klasikal mendapatkan skor rata-rata sebesar
75%, karena 75% < 85% maka hipotesis tindakan: “Melalui metode bermain dengan
media botol bekas minuman dapat meningkatkan pemahaman angka dasar 1–10 pada
anak usia 3-4 tahun di KB Golden Kidz Desa Bancarkembar Kecamatan Purwokerto
Utara Kabupaten Banyumas” dinyatakan diterima.
Kata kunci: Mengenal angka, botol bekas minuman.
078/PAUD/PUS/I/2023 | 078/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain