Text
SKRIPSI :PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN HALANG RINTANG ESTAFET KALUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD TERPADU ALAMUL HUDA WATES DESA BABALAN KIDUL KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN
Sesuai dengan
permasalahan penelitian, secara operasional penelitian ini bertujuan sebagai
berikut: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan motorik kasar pada anak usia 4-5
tahun di PAUD Terpadu Alamul Huda Wates Desa Babalan Kidul Kecamatan
Bojong Kabupaten Pekalongan. 2) Untuk menganalisis penerapan permainan
halang rintang estafet kalung dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar
pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Terpadu Alamul Huda Wates Desa Babalan
Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian tindakan kelas (PTK)
ini di desain untuk memecahkan masalah yang diaplikasikan secara langsung
dalam kelas dan meliputi 4 (empat) tahapan, yaitu: 1) perencanaan; 2)
implementasi/pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi (Aqib, 2012: 87). Desain
penelitian digunakan pendekatan yang bersifat kualitatif-interaktif dengan desain
PTK, sebagai model PTK kolaboratif karena peneliti berkolaborasi dengan teman
sejawat yang bertindak sebagai kolaborator. Dalam penelitian ini yang menjadi
subjek adalah peserta didik PAUD Terpadu Alamul Huda Wates Desa Babalan
Kidul Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan sejumlah 16 anak. Berdasarkan
hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan peneliti, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut: 1) Peningkatan dalam perkembangan kemampuan
motorik kasar setiap siklusnya terjadi sesuai tahapan perkembangan kemampuan
motorik kasar anak. 2) Keberhasilan PTK dapat dilihat pada Pra Siklus sebesar
44%, pada Siklus I sebesar 69%, dan pada Siklus II sebesar 88%.
Kata kunci: Motorik Kasar Anak, Permainan Halang Rintang, dan Estafet
Kalung
077/PAUD/PUS/I/2023 | 077/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain