Text
SKRIPSI : PENINGKATAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN BERMAIN MEMBUAT BENTUK DENGAN MEDIA KERTAS KADO PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB CEPOKO DESA LEGOKCLILE PEKALONGAN
Hasil pengamatan yang sudah dilakukan sebelumnya dapat disimpulkan
bahwa di KB Cepoko Desa Legokclile Pekalongan terdapat masalah ketika
kegiatan pembelajaran. Masalah yang dimaksud terletak pada kemampuan
motorik halus yang berkembang kurang maksimal. Mengacu pada rumusan
masalah di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian in adalah
mendeskripsikan bermain dengan membuat bentuk melalui media kado dalam
meningkatkan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun di KB Cepoko Desa
Legokclile Kabupaten Pekalongan.
Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di dalam
kelas, karena itu peneliti menganalisis dengan metode penelitian tindakan kelas.
Pengertian penelitian tindakan kelas (PTK) adalah suatu penelitian yang
melakukan tindakan dengan cermat terhadap kegiatan belajar berupa sebuah
tindakan. Penelitian ini di desain untuk memecahkan masalah yang diterapkan
langsung di dalam kelas yang meliputi 4 (empat) tahapan, yaitu: 1) perencanaan;
2) implementasi/ pelaksanaan; 3) observasi; dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini
adalah keseluruhan anak usia 3-4 tahun di KB Cepoko Desa Legokclile
Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 18 anak.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha), yaitu: ”Melalui kegiatan bermain
membuat bentuk dengan media kertas kado dapat meningkatkan motorik halus
pada anak usia 3-4 tahun di KB Cepoko Desa Legokclile Kabupaten Pekalongan”
dinyatakan diterima. Peningkatan motorik halus pada anak usia 3-4 tahun di KB
Cepoko Desa Legokclile dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan
bahwa anak yang mencapai kriteria tuntas yaitu BSH (Berkembang Sesuai
Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat Baik) pada Siklus I Pertemuan Ke-1
sejumlah 7 anak atau sebesar 39%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 10
anak atau sebesar 56%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 13 anak atau
sebesar 72%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 16 anak atau sebesar
89%.
Kata Kunci : Bermain, Kado, dan Motorik Halus.
075/PAUD/PUS/I/2023 | 075/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain