Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN DENGAN PENGGUNAAN MEDIA ICE CREAM STICK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI RA AL HIDAYAH DESA PLELEN KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG
Latar belakang penelitian: sebagian Anak RA Al Hidayah Desa Plelen memiliki
kemampuan mengenal lambang bilangan yang rendah. Untuk meningkatkan
kemampuan mengenal lambang bilangan tersebut, peneliti melakukan tindakan
kelas dengan media ice cream Stick. Tujuan penelitian: mendeskripsikan
penerapan media ice cream Stick dapat meningkatkan pengenalaan lambang
bilangan pada anak usia 3-4 tahun di RA Al Hidayah Plelen Kecamatan
Gringsing Kabupaten Batang. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan
menggunakan 2 (dua) siklus, setiap siklus terdiri 2 (dua) kali pertemuan dengan
tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
adalah anak di RA Al Hidayah Desa Plelen yang berjumlah 15 anak, guru sebagai
observer dan guru lain sebagai kolaborator. Data diperoleh dengan dokumentasi
dan observasi. Analisis data digunakan analisis deskriptif persentase (DP). Hasil:
Penggunaan media ice cream Stick efektif dapat meningkatkan pengenalan
lambang bilangan pada anak diperoleh dari skor rata-rata tindakan pada siklus II
yang diperoleh sebesar 12,5 atau 88,33%, sedang indikator keberhasilan
ditetapkan minimal secara individu 75% dan klasikal 80%, maka dapat buat
persamaan matematika: 75% < 88,33% > 85%, sehingga hipotesis tindakan:
“Melalui penggunaan media stick ice cream dapat meningkatkan pengenalan
lambang bilangan pada anak usia 3-4 tahun di RA Al Hidayah Desa Plelen
Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang” dinyatakan diterima.
Kata Kunci: lambang bilangan, ice cream Stick.
074/PAUD/PUS/I/2023 | 074/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain