Text
SKRIPSI : METODE BERMAIN PERAN DENGAN BONEKA JARI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB KENANGA DESA KARANGANYAR KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN
Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan bahasa
ekspresif pada peserta didik usia 3-4 tahun di KB Kenanga Desa Karanganyar
Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode
bermain peran melalui media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan bahasa
ekspresif pada anak usia 3-4 tahun di KB Kenanga Desa Karanganyar Kecamatan Tirto
Kabupaten Pekalongan. 3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan
bahasa ekspresif melalui media boneka jari pada anak usia 3-4 tahun di KB Kenanga
Desa Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan.
Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedang desain
penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model
deskriptif, yaitu penelitian tindakan yang dilakukan dalam kelas dengan tujuan untuk
menggambarkan gejala atau fenomena sosial secara sistematis dan pragmatis, kemudian
dikaji untuk dilakukan analisa guna penarikan kesimpulan. Pelaksanaan penelitian ini
bertempat di KB Kenanga Desa Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan.
Waktu penelitian selama 3 (tiga) bulan, yaitu mulai bulan Desember 2022 sampai
dengan Februari 2023. Subjek penelitian pada pada penelitian ini adalah peserta didik
usia 3-4 tahun di KB Kenanga Desa Karanganyar Kecamatan Tirto Kabupaten
Pekalongan.
Hasil penelitian ialah: 1) Kinerja Guru pada Pra Siklus adalah sebesar 42 poin atau
sebesar 53%, pada Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar 47 poin atau sebesar 59%, pada
Siklus I Pertemuan Ke-2 sebesar 50 poin atau sebesar 63%, pada Siklus I Pertemuan
Ke-3 sebesar 55 poin atau sebesar 69%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sebesar 60 poin
atau sebesar 75%, pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar 65 poin atau sebesar 81%, dan
pada Siklus II Pertemuan Ke-3 sebesar 70 poin atau sebesar 88%. 2) Anak yang
mencapai kriteria tuntas yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan BSB
(Berkembang Sangat Baik) pada Pra Siklus sejumlah 3 anak atau sebesar 20%, pada
Siklus I Pertemuan Ke-1 sejumlah 4 anak atau sebesar 27%, pada Siklus I Pertemuan
Ke-2 sejumlah 5 anak atau sebesar 33%, pada Siklus I Pertemuan Ke-3 sejumlah 8 anak
atau sebesar 53%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 10 anak atau sebesar 67%,
pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 12 anak atau sebesar 80%, dan pada Siklus II
Pertemuan Ke-3 sejumlah 13 anak atau sebesar 87%.
Kata Kunci : Bermain Peran, Boneka Jari, dan Bahasa Ekspresif.
070/PAUD/PUS/I/2023 | 070/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain