Text
Skripsi : PENGARUH PENGGUNAAN TRAINER SISTEM STARTER DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PERBAIKAN SISTEM STARTERSEPEDA MOTOR SISWA KELASXII TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR DI SMK ISLAM SUDIRMAN TANGGUNGHARJO - CD Skripsi
ABSTRAK
Puji Rahayu. 2022. Pengaruh Penggunaan Trainer Sistem Starter Dan
Kompetensi Profesional Guru Terhadap Hasil Belajar Perbaikan Sistem
Starter Sepeda Motor Siswa Kelas XII Teknik Dan Bisnis Sepeda Motor Di
Smk Islam Sudirman Tanggungharjo. Fakultas Pendidikan Vokasi Teknik
Mesin Otomotif, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas IVET
Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis penggunaan media trainer sistem starter sepeda motor terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor diSMK
Islam Sudirman Tanggungharjo (2) Untuk menganalisis kompetensi
professional guru terhadap hasil belajar siswa kelas XII pada kompetensi
keahlian teknik dan bisnis sepeda motor diSMK Islam Sudirman Tanggungharjo (3) Untuk menganalisis pengaruh penggunaan trainer
sistem starter dan kompetensi professional guru terhadap hasil belajar
siswa kelas XII pada kompetensi keahlian teknik dan bisnis sepeda motor
diSMK Islam Sudirman Tanggungharjo
Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan di
SMK Islam Sudirman Tanggungharjo kelas XII Pada kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dengan jumlah populasi 22 siswa. Dapa
penelitian ini diambil dengan menggunakan angket dan dokumentasi nilai
ulangan harian siswa. Teknik analisis dalam pengujian hipotesis adalah uji
t, uji f, uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh sistem starter (X1) tehadap hasil belajar (Y) sebesar 95%, besarnya pengaruh kompetensi
professional guru (X2) terhadap hasil belajar (Y) sebesar 78% dan terdapat pengaruh trainer sistem starter (X1) dan kompetensi professional guru (X2) sebesar 96% terhadap hasil belajar (Y).
Kata Kunci : Trainer, koompetensi professional, hasil belajar
008/PVTMO/PUS/I/2022 | 378 | Perpustakaan Pusat (PVTMO) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain