Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PAHLAWAN NASIONAL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB PINTAR DESA PANDANARUM KECAMATAN TIRTO KABUPATEN PEKALONGAN
Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui kemampuan
berbicara pada anak usia 3-4 tahun KB Pintar Desa Pandanarum Kecamatan Tirto
Kabupaten Pekalongan. 2) Untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain
peran pahlawan nasional oleh guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara
pada anak usia 3-4 tahun KB Pintar Desa Pandanarum Kecamatan Tirto
Kabupaten Pekalongan. 3) Untuk mengetahui peningkatan dari penerapan metode
bermain peran pahlawan nasional pada anak usia 3-4 tahun KB Pintar Desa
Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan ialah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Model
PTK yang digunakan adalah PTK kolaboratif karena peneliti berkolaborasi
dengan teman sejawat yang bertindak sebagai kolaborator. Model siklus yang
digunakan adalah 1) perencanaan (planning); 2) tindakan (acting); 3) pengamatan
(observing); dan 4) refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah peserta didik
di KB Pintar Desa Pandanarum Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan yang
berjumlah 15 anak.
Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Anak yang mencapai kriteria
tuntas yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan BSB (Berkembang Sangat
Baik) pada Pra Siklus sejumlah 4 anak atau sebesar 27%, pada Siklus I Pertemuan
Ke-1 sejumlah 5 anak atau sebesar 33%, pada Siklus I Pertemuan Ke-2 sejumlah 7
anak atau sebesar 47%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1 sejumlah 10 anak atau
sebesar 67%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sejumlah 13 anak atau sebesar
87%. 2) Kinerja Guru pada Pra Siklus sebesar 40 poin atau sebesar 50%, pada
Siklus I Pertemuan Ke-1 sebesar 41 poin atau sebesar 51%, pada Siklus I
Pertemuan Ke-2 sebesar 51 poin atau sebesar 64%, pada Siklus II Pertemuan Ke-1
sebesar 57 poin atau sebesar 71%, dan pada Siklus II Pertemuan Ke-2 sebesar 66
poin atau sebesar 83%. 3) Terjadi peningkatan kemampuan berbicara anak, yaitu
pada Pra Siklus sebesar 27%, meningkat pada Siklus I sebesar 47%, dan
meningkat pada Siklus II sebesar 87%.
Kata Kunci: Kemampuan, Berbicara, Bermain Peran, Pahlawan Nasional.
069/PAUD/PUS/I/2023 | 069/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain