Text
SKRIPSI : PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA 1-20 MELALUI BERMAIN FLASH CARD DI TK TA 07 ANNAHDLIYYAH KEBONSARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif
anak menggunakan media flash card. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 anak kelompok A, sedangkan
objek penelitian adalah kemampuan kognitif anak usia dini. Untuk melihat
peningkatan kemampuan kognitif data dikumpulkan melalui observasi,
wawancara, dan dokumen analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan kognitif anak berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari
kemampuan awal kognitif anak, dari 20 anak di kelas A, yang memberikan
hasil Belum Berkembang (BB) ada 10 anak yaitu 50%, Mulai Berkembang
(MB) ada 5 anak yaitu 25%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 5 anak
yaitu 25%, dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 0 anak yaitu 0%. Pada
pertemuan di Siklus 1 dari 20 anak yang memberikan hasil Belum
Berkembang (BB) ada 5 anak yaitu 25%, Mulai Berkembang (MB) ada 10
anak yiatu 50%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 2 anak yaitu 10 %,
dan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 2 anak yaitu 10%. Sedangkan pada
Siklus II peserta didikyang menunjukkan hasil Belum Berkembang ada 0 anak
yatu 0%, Mulai Berkembang (MB) ada 2 anak yaitu 10%, Berkembang Sesuai
Harapan (BSH) ada 3 anak yaitu 15% dan Berkembang Sangat Baik ada 15
anak yaitu 75%.
Kata Kunci : Media Flash Card, Kemampuan Kognitif
067/PAUD/PUS/I/2023 | 067/PAUD/PUS/I/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain